UTU Luncurkan Sistem Pemeliharaan BMN Aplikasi E-Maintenance
  • UTU News
  • 25. 07. 2018
  • 0
  • 750

MEULABOH– Bagian Umum Universitas Teuku Umar (UTU) meenyelenggarakan peluncuran sistim pemeliharaan Barang Milik Negara (BMN) berbasis Web dengan aplikasi e-maintenance. Peluncuran (launching) sekaligus sosialisasi sistim pemeliharan BMN itu, dilakukan dalam lingkungan UTU.

Kegiatan sistim pemeliharaan BMN dilaksanakan Bagian Umum, Biro Umum dan Keuangan Universitas Teuku Umar sesuai tugas dan fungsinya  dalam pengelolaan barang negara pada satuan unit kerja. “Kegiatan sosialisasi ini merupakan tahapan akhir dari rangkaian laboratorium kepemimpinan dalam rangka pencapaian milestone(tahapan) proyek perubahan yang disusun oleh peserta Diklat PIM III”, ujar Rinaldi.

Kepala Bagian Umum Universitas Teuku Umar, Rinaldi Iswan, ST., M.Sc, sebagai Ketua Panitia (project leader), tampil menjadi pemateri inti dalam forum  peluncuran dan sosialisasi sistim pemeliharaan BMN dimaksud.

Launching dan sosialisai yang digelar di Gedung Rektorat UTU, 24 Juli 2018, dibuka secara resmi  Wakil Rektor II UTU,  Dr. Ishak Hasan, M.Si, didampingi oleh Kepala Biro Umum dan Keuangan Mawardi Amin, SE., Ak. Kegiatan ini turut dihadiri perwakilan seluruh stakeholder, baik sebagai pimpinan maupun pengelola BMN di seluruh unit kerja dalam lingkungan Universitas Teuku Umar. Antara lain, hadir para Dekan, para Kepala UPT, para Wakil Dekan II Bidang Umum dan Keuangan Fakultas, para Kepala Bagian, Kepala Tata Usaha, Kepala Sub Bagian dan staf pelaksana, serta panitia yang merupakan tim efektif proyek perubahan.

Dr. Ishak Hasan dalam sambutan dan arahannya sangat mengapresiasi serta menyambut baik diterapkannya aplikasi ini, guna peningkatan kinerja dan efisiensi pemanfaatan Barang Milik Negara di Universitas Teuku Umar (UTU).”Sebagai PTNB, UTU tentunya banyak kebutuhan terhadap sarana dan prasarana dan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu optimalisasi penggunaan BMN yang ada dan tersedianya sistim pemeliharaan yang baik menjadi hal yang mutlak harus dipenuhi”, ujar Ishak.

Kepala Biro Umum dan Keuangan, Mawardi Amin, SE., Ak yang juga sebagai mentor dari proyek perubahan ini berharap bahwa aplikasi ini dapat diimplementasikan dengan baik dan dilakukan penyempurnaannya, baik fitur, menu dan hal terkait lainnya sesuai dengan kebutuhan dan target sebagaimana tercantum dalam milestoneproyek perubahan.

Rinaldi menambahkan, untuk tahap awal apllikasi ini  akan berfungsi sebagai pengingat (reminder) jadwal pemeliharaan rutin dan penyimpan data riwayat pemeliharaan dan perbaikan yang dilakukan pada setiap unit BMN yang dipelihara. Operasional sistim dikendalikan oleh salah satu staf RTBMN yang berfungsi sebagai admin dan melakukan penginputan dan pemberitahuan melalui fasilitas sms broadcasting(telkomsel), yang secara automasi akan mengirimkan notifikasi ke perangkat telekomunikasi user (pengguna) BMN. Untuk sementara, fasilitas sms tersebut broadcastingsedang dilakukan penginstalan dan conectinguntuk UTU selaku pengguna.

Salah seorang peserta Sosialisasi, Afnizar Sabriyanti, SE., M.Si (Kabag Akademik dan Kemahasiswaan-UTU)  sangat mendukung diterapkannya aplikasi ini dan tertarik pada penggunaan fasilitas sms broadcatingsebagai media penyampaian informasi. Pengunaan fasilitas sms broadcasting(web2sms) yang digunakan dalam sistim e-maintenanceini memberikan inspirasi untuk dapat diterapkan pada bagian lain, terutama pada bagian akademik dan kemahasiswaan terkait pengumuman/pengingat pembayaran SPP misalnya, dan lain-lain, dan berharap aplikasi e-maintenance ini dapat dijalankan dengan baik oleh pengelola BMN Univeritas Teuku Umar. (Muzakkir)

 

Lainnya :