University Farm UTU Jalin Kerja sama Dengan Balai Peneliti Solok-Sumbar
  • UTU News
  • 17. 06. 2019
  • 0
  • 239

MEULABOH – University Farm-Universitas Teuku Umar (UF-UTU) menjalin perjanjian kerja sama  tentang “Konservasi dan Pengembangan Koleksi Plasma Nutfah Pisang untuk Pendidikan Berbasis Penelitian”. dengan Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika Solok, Sumatera Barat, belum lama ini.

Koordinator University Farm UTU, Iwandikasyah Putra, SP.,MP menjelasakan, penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan di Aripan, Kecamatan X- Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Dari Universitas Teuku Umar, mewakili rektor, perjanjian kerja sama ditandatangani  oleh Dr. Ir. Alfizar, DAA (Wakil Rektor Bidang Akademik, Perencanaan dan Kerja sama). Sedangkan dari Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika  diteken oleh Dr. Ir. Elliana Mansyah, MP (Kepala Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu). 

Iwandikasyah Putra menyebutkan, ruang lingkup perjanjian kerja sama ini meliputi, eksplorasi, koleksi dan identifikasi plasma nutfah pisang; konservasi ex-situ dan manajemen koleksi plasma nutfah pisang; penelitian  dan  pengembangan  koleksi  plasma  nutfah  pisang  termasuk pembibingan untuk magang dan skripsi; serta publikasi,   pertemuan   ilmiah,   dan   diseminasi   tentang   konservasi   dan pengembangan koleksi plasma nutfah pisang. 

University Farm UTU sangat mnengharapkan, ke depan dapat memiliki Laboratorium Kultur Jaringan (LKJ) yang terakreditasi oleh Badan Stadarisasi Nasional (BSN) seperti yang telah dimiliki oleh Balitbu Solok Sumatera Barat.  “Laboratorium ini bertujuan untuk menunjang pendidikan berbasis penelitian, dengan harapan ke depan, UTU benar-benar manjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTNB) yang siap bersaing di lavel nasional serta internasional, khususnya di sektor pertanian.

Dalam pertemuan singkat itu, Kepala Balai Balitbu Elliana Mansyah, menyambut baik kerja sama ini, “Kami sangat mendukung jika ke depan UTU mengirim mahasiswa dan dosen untuk melakukan penelitian di tempat kami, mengingat di Balitbu Solok telah memiliki beberapa fasilitas laboratorium yang sudah cukup baik untuk Wilayah Sumatera, terutama laboratorium untuk mengidentifikasi genetik tanaman”, ujar Elliana mengharapkan.

“Alhamdulillah, kelanjutan dari kerja sama yang baik ini, Balitbu Solok telah mendonorkan 11 koleksi pisangnya, meliputi pisang varietas yaitu  Fhia – 25, Roti Solsel, Ameh Pasaman, Raja Siem, Raja Kinalun, Ketan 01, Mas Kurma, Barangan, Kepok Kuning, Kepok Hijau, dan Kepok Tanjung”. (***)

Lainnya :