Universitas Teuku Umar Kampus Terhijau Peringkat Nasional
  • UTU News
  • 07. 01. 2019
  • 0
  • 766

MEULABOH - Universitas Teuku Umar (UTU) Negeri yang berada di Wilayah Barat Selatan Aceh, tepatnya di Meulaboh-Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, ditetapkan sebagai Kampus Terhjau (GreenMetric) Tingkat Nasional Tahun 2018 pada rangking ke-21. Penetapan tersebut dilakukan oleh UI GreenMetric, 19 Desember 2018, di Balai Sidang Universitas Indonesia. 

Selama UTU Negeri, peringkat tersebut sudah tiga kali  diperoleh. Tahun 2016, UTU menduduki peringkat 24 sebagai kampus terhijau, dan berada pada urutan 366 kampus tingkat dunia. Tahun 2017, UTU berada pada posisi 23 kampus terhijau dari 58 universitas se-Indonesia dan peringkat 468 dari 619 universitas tingkat dunia. Sedang tahun 2018, UTU mendapat rangking ke 21 kampus terhijau dari 66 universitas se-Indonesia, dan menjadi peringkat ke 432 dari 719 universitas se-dunia, ujar Iwandikasyah Putra, SP, MP.  

UI GreenMetric sudah dikenal luas di dunia Internasional sebagai pemeringkingan perguruan tinggi pertama di dunia. Pengukuran tersebut berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Pemeringkatan UI GreenMetric World University Rankings 2018 dilandasi oleh tiga filosofi dasar, yakni EnvironmentEconomic, dan Equity (3’Es). Bobot indikator penilaian terdiri atas keadaan dan infrastruktur kampus (15%), energi dan perubahan iklim (21%), pengelolaan sampah (18%), penggunaan air (10%), transportasi (18%), dan pendidikan (18%).

Pengumuman pemeringkingan kampus terhijau itu dihadiri dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan tersebut dilakukan untuk penetapan rangking universitas yang berbasis lingkungan dan kampus hijau tingkat dunia dan Indonesia. Perwakilan dari UTU yang hadir pada acara Workshop UI GreenMetric adalah Rektor UTU,  Prof. Dr. Jasman J. Ma`ruf, SE.,MBA  dan Ibu Meylis Safriani, ST., MT. dari Fakultas Teknik UTU.

Prof. Jasman berharap, UTU akan terus berupaya untuk menjadi yang terbaik dalam segala sektor termasuk dalam pengelolaan limbah, pemakaian lampu hemat listrik, penggunaan solar cell dan penanaman tanaman di lingkungan kampus. “Saat ini UTU sudah memiliki University Farm yang mana di dalamnya terdapat berbagai jenis tumbuhan pisang, padi dan juga sudah melakukan penanaman pohon-pohon yang bermanfaat seperti pohon tin, pohon kurma, dan berbagai tanaman lainnya”.

Untuk meningkatkan peroleh peringkat sebagai kampus terhijau, ke depannya UTU akan terus melakukan inovasi baru untuk menghijaukan lingkungan kampus. Upaya-upaya penghijauan kampus seperti mengganti seluruh lampu di fakultas dengan lampu jenis LED, mengolah air limbah, membuat penampungan air hujan, dan membuat taman-taman.

Prof. Riri Fitri Sari, selaku Ketua UI Green Metric menyampaikan, jumlah peserta di ajang UI Green Metric terus meningkat dari tahun ke tahun. Di tahun 2017 sebanyak 619 perguruan tinggi dari 76 negara yang ikut serta, dan meningkat menjadi 719 universitas dari 81 negara di dunia pada tahun 2018. Belgia, Bulgaria, Kosta Rika, dan Kroasia merupakan beberapa negara yang baru bergabung di UI GreenMetric World University Rankings 

Prof. Riri menyebutkan, tujuan dari UI Greenmetric adalah untuk mengajak universitas-universitas di dunia dan di Indonesia dalam melakukan penghijauan kampus demi terwujudnya lingkungan hidup yang berkelanjutan. Untuk peringkat dunia, posisi pertama diduduki oleh Wageningen University & Research. Universitas Pertanian di Belanda tersebut memiliki keunggulan hampir pada seluruh kriteria di UI GreenMetric, bahkan memperoleh nilai maksimal pada tiga kriteria yaitu Pengelolaan Limbah (WS), Pengelolaan Air (WR), dan Pendidikan (ED). Kemudian di peringkat kedua diraih oleh University of Nottingham dari Inggris. Keunggulan pada kriteria Energi dan Perubahan Iklim (EC), serta pengolahan air dan pendidikan, membawanya menjadi runner-up di daftar ini. Ada empat sumber energi terbaru yang dimiliki universitas ini, yaitu Clean Biomass, Solar Cell, Geothermal, dan Combine Heat and Power. Penggunaan smart-eco building-nya juga sudah mencapai lebih dari 75%.

Kedua universitas tersebut memimpin daftar 10 besar kampus terhijau dunia versi UI GreenMetric World University Rankings 2018, dalam siaran pers yang diterima GNFI. Kesepuluh universitas ini mengungguli 709 universitas lainnya dari 81 negara di dunia, yang turut berpartisipasi di ajang ini. Daftar 10 besar UI GreenMetric World University Rankings 2018 adalah Wageningen University & Research, University of Nottingham, University of California Davis, University of Oxford, Nottingham Trent Universit, Umwelt-Campus Birkenfeld, University of Groningen, Bangor University, University College Cork, dan University Of Connecticut.

Sedangkan  katagori Kampus Hijau Terbaik di Indonesia, Universitas Indonesia (UI) meraih predikat perguruan tinggi hijau terbaik nomor satu, disusul Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (UNDIP), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Padjadjaran (UNPAD), dan Telkom University. (Zakir)

Lainnya :