Teknik Industri UTU, Implementasi Varian Sensor dalam Alat
  • Prodi Teknik Industri
  • 04. 09. 2018
  • 0
  • 539

Teknik Industri - Dalam rangka meningkatkan kemampuan mahasiswa di bidang teknologi, Program Studi (Prodi)  Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar (UTU) menawarkan kepada mahasiswa pengetahuan mengenai teknologi melalui mata kuliah elektronika industri. Pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 lalu, Program Studi (Prodi) Teknik Industri telah sukses menciptakan berbagai alat yang memanfaatkan beberapa jenis sensor. 
Luaran dari mata kuliah elektronika industri ini adalah membuat alat sesuai dengan materi yang telah diperoleh dan menjadi tugas besar mahasiswa sebagai penentuan kelulusan mata kuliah dimaksud. Beberapa alat yang telah dihasilkan diantaranya, sensor hujan, sensor cahaya, sensor anti maling, generator mini, miniatur bel rumah dan berbagai jenis alat lainnya.

Mata kuliah elektronika industri itu diasuh  Mukhlizar, S.Si., M.Si adalah  alumnus Pascasarjana Institut Teknologi Bandung dengan bidang kelompok keahlian Fisika Teoritik Energi Tinggi dan Instrumentasi (FTETI). Mukhlizar memberikan pemahaman lebih mendalam tentang implementasi elektronika di bidang industri.  Materi yang ditawarkan dalam mata kuliah ini diantaranya adalah alat dan jenis pengendali industri.

Dijelaskan, salah satu alat pengendali industri yang diperkenalkan kepada mahasiswa yaitu sensor. Sensor merupakan suatu sistem yang terintegrasi dengan suatu rangkaian yang berfungsi untuk mendeteksi adanya perubahan lingkungan fisik atau kimia dan mengkonversinya dari suatu besaran menjadi besaran lainnya.

Di pasaran, sensor dijual dalam berbagai macam jenis tergantung kepada fungsinya. Ada sensor proximity, magnet, sinar, ultrasonik, tekanan, kecepatan (RPM), penyandi (encoder) dan suhu. Penggunaan sensor dapat diaplikasikan ke berbagai bidang, sebagai contoh di bidang pertanian, perikanan, transportasi serta medis. Kedepan, Program Studi Teknik Industri akan mulai mengembangkan penggunaan robot dalam bidang pertanian dan perikanan.

Lainnya :