Rektor Prof. Jasman Lantik Sejumlah Pejabat UTU, Dua Dekan Bergelar Profesor
  • UTU News
  • 29. 01. 2019
  • 0
  • 723

MEULABOH – Rektor Universitas Teuku Umar (UTU), Prof. Dr. H. Jasman J. Ma`ruf, SE.,MBA, Senin, 28 Januari 2019, melantik tiga Wakil Rektor, enam dekan dan satu orang Ketua LPPM dalam lingkungan kerjanya. Pelantikan sejumlah pejabat yang dipusatkan di Aula Utama UTU, dihadiri antara lain Ketua Senat Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Prof. Dr. Said Muhammad, para guru besar dan para dosen serta unsur Dharma Wanita Unsyiah, dan dari sejumlah perguruan tinggi serta instansi lainnya. 

Prof. Jasman menyatakan kegembiraanya karena pelantikan para pejabat baru dilingkungan UTU kali ini betul-betul mendapat dukungan sepenuhnya dari Pimpinan dan Sivitas Akademika Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). Perhatian dan dukungan Unsyiah luar biasa terhadap UTU, karena UTU masih sangat baru perlu binaan dan dukungan dari Unsyiah.

Untuk itu, “saya menyampaikan salam dan terima kasih kepada Bapak Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Syamsul Rizal, yang telah memberikan izin kepada sejumlah dosen untuk mengabdi dan berkarya di UTU. Ini sangat membanggakan dan kami sangat senang dengan kontribusi yang besar sekali dari Unsyiah kepada UTU”, begitu Prof. Jasman mengungkapkan rasa senang dan gembira dalam sambutannya usai melantik para pejabat baru dilingkungan UTU. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) yang telah memberikan izin kepada Dr. Mursyidin untuk mengabdi di UTU.

Prof. Jasman antara lain menyebutkan, UTU masih sangat baru, berbeda dengan Unsyiah yang sudah establist. Karena masih baru, UTU tentu banyak sekali tantangan yang kita hadapi, dosen juga masih muda-muda. Oleh karenanya, “bapak-bapak yang baru dilantik semoga dapat bekerja dengan baik, dan saya optimis para dosen dan tenaga kependikan di UTU akan bisa membantu bapak-bapak untuk kelancaran proses mencapai tujuan memajukan UTU ke depan”, ujar Prof. Jasman mengharapkan.

Sebagai masukan dan untuk menjadi perhatian bersama, Rektor Prof. Jasman sudah mempresentasikan di depan Wapres Yusuf Kalla dan tiga kali mempresentasikan di Bappenas dan juga di Kementerian Ristekdikti dan Kementerian  Keuangan di Jakarta tentang keinginan dan kebutuhan dalam membangun UTU, Alhamdulillah dengan upaya yang sudah maksimal akan kita petik hasilnya. “Insya Allah, UTU tahun 2019 ini sudah memiliki anggaran sebesar Rp. 74 Miliyar untuk membangun gedung, dan Insya Allah tahun depan akan dapat kita dirikan sekitar Rp. 200 Miliyar, termasuk juga infrastruktur lainnya. “Insya Allah, dalam dua tahun ini juga UTU bisa terlihat kemajuan pembangunannya”, sebut Prof. Jasman optimis. 

Dalam kesempatan itu, Prof. Jsman perlu juga menyampaikan kepada  para pejabat yang baru dilantik bahwa tantangan besar ke depan yang akan dihadapi dalam mengelola Lembaga Pendidikan adalah terhadap produk yang kita hasilkan. Produk yang dimaksudkan disini pertama; berupa lulusan, kedua; karya yang dipublikasikan dan ketiga; transfer knowladge/teknologi, yang memerlukan kerja keras semua yang terlibat, karena semua membutuhkan tenaga-tenaga yang berkualitas, dan tenaga yang hebat.

Sekarang dan kedepan, ujar Prof. Jasman,  bukan gelar sarjana yang menjadi utama tetapi harus siap menghasilkan lulusan yang siap berkembang, yang kreatif dan inovatif.  “Berdosa kita menghasilkan pengangguran dan sesuatu yang tidak laku sebagai produk dari Lembaga pendidikan”. Oleh karena itu, UTU yang memilki visi menjadi sumber inspirasi dan referensi yaitu yang berkaitan dengan agro and marine industry, salah satu karya kreatif dan inovatif yang telah dilakukan UTU adalah melaksanakan kompetisi UTU Awards yang sudah berjalan selama empat tahun, dan setiap kompetisi UTU Awards digelar tidak kurang dari ratusan tim mahasiswa dari perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia yang ikut, bahkan kompetisi UTU Awards ke empat tahun 2018, sebanyak 532 tim mahasiswa dari perguruan tinggi negeri dan swasta  se-Indonesia mengikuti lomba UTU Awards tersebut.

Para pejabat UTU yang telah dilantik itu masing-masing adalah: Dr. Ir. Alfzar, DAA  menjadi Wakil Rektor 1 Bidang Akademik (masa jabatan periode kedua), Dr. Ishak Hasan, M.Si menjadi Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan (masa jabatan periode kedua). Dr. Mursyidin, MA menjadi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, menggantikan Dr. T. Ahmad Yani, M. Hum yang telah berakhir masa jabatan.

Prof. Dr. drh. Darmawi, M. Si menjadi Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), menggantikan Ir. Yuliatul Muslimah, MP.  Prof. Dr. Ali Sarong menjadi Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) menggantikan Dr. Edwarsyah, MP karena berakhir masa jabatan. Ir. Yuliatul Muslimah, MP dilantik menjadi Dekan Fakultas Pertanian (FP), menggantikan Ir. Rusdi Faizin, M.Si yang diangkat menjadi Ketua LPPM-PM.

Dr. T. Zulham, SE., M.Si dilantik menjadi Dekan Fakultas Ekonomi. Dr. Ir. M. Isya, MT  menjadi Dekan Fakultas Teknik menggantikan Dr. Ir. H. Komala Pontas yang sudah berakhir masa jabatan. Dan Basri, SH, MH dilantik menjadi Dekan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), menggantikan Dr. Mursyidin, MA. (Zakir)

Lainnya :