Prof. Zainal Abidin: UTU Perlu Pengkaderan Dosen Sesuai Kompetensi
  • UTU News
  • 08. 06. 2019
  • 0
  • 140

“Dalam membangun universitas yang tergolong baru, seperti Universitas Teuku Umar (UTU) yang sangat penting dilakukan adalah memperkuat apa yang telah ada yaitu dengan mencukupkan tenaga pengajar, ketersediaan fasilitas pendukung proses pembelajaran”, ujar Prof. Zainal Abidin Alawy.

Prof. Dr. H.  Zainal Abidin Alawy, MA mengatakan hal itu ketika ditemuai Tim UTU News, di kediamannya di Banda Aceh, baru-baru ini. Selain itu, yang utama sekali harus dilakukan oleh pimpinan UTU adalah pengkaderan terhadap dosen (sesuai kompetensi dan tingkatan), memperkuat dosen yang sudah ada, dan merekrut  dosen dari luar yang masih dibutuhkan.

Masyarakat Barat Selatan Aceh harus bersyukur dengan dinegerikannya UTU, dan banyak fakultas yang perlu ditambah lagi. Namun, yang perlu dipersiapkan dari sekarang adalah mencukupkan tenaga dosen, karena setiap ada rencana untuk menambah fakultas, tentu harus menyiapkan tenaga dosen terlebih dahulu. Dan UTU perlu mempersiapkan tenaga dosen yang dinilai mendesak untuk kebutuhan, ujar Prof. Zainal Abidin Alawy, yang kini sudah berusia 83 tahun.

“Dosen harus disekolahkan lagi. Dalam menciptakan SDM dosen itu, jangan dilihat tua dan muda, yang perlu diperhatikan para dosen itu yang memiliki semangat dan motivasi tinggi. Bagi dosen yang memiliki semangat dan motivasi untuk belajar, itu yang harus diperhatikan dan didorong. Dan berikan kesempatan kepada yang punya semangat untuk melanjutkan pendidikan. Ujar Prof. Zainal Abidin Alawy yang sekarang masih aktif mengajar di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Setelah memikirkan tenaga dosen yang sudah mulai memadai, terus selanjutnya kembankan prodi dan fakultas yang lain. Dan pentingnya pimpinan melakukan pembinaan terhadap tenaga dosen dan tenaga kependidikan agar lebih kuat kedudukan universitas.  “Cari tenaga dosen yang bermutu, karena setiap universitas memerlukan sekian orang harus ada guru besar”.

Demikian juga, penting diperhatikan  tenaga administrasi atau tenaga kependidikan. Sebab segela keperluan untuk pengembangan UTU termasuk akreditasi universitas sangat ditentukan kinerja tenaga kependidikan (tendik) dan tenaga dosen. “Kalau tendik tidak beres, juga tidak  akan beras yang lainnya”, ujar Prof. Zainal  Abidin Alawy, yang juga pernah dua periode menjadi Ketua STAI Pante Kulu-Darussalam-Banda Aceh. (***)

Lainnya :