Prof. Samadi, ”UTU Perlu Undang Pengusaha Presentasi di Depan Mahasiswa”
  • UPT_TIK
  • 05. 09. 2018
  • 0
  • 699

MEULABOH –  Sesuai dengan visi misi Universitas Teuku Umar (UTU) agro and marine industry, salah satu tugas utama dosen adalah menjadikan mahasiswa untuk siap terjun berwirausaha (intrepreneurship) dan merubah main-set mahasiswa setelah selesai kuliah berpikir mencari kerja menjadi PNS.

Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc menyarankan,  usahakan pada setiap yudisium fakultas Unversitas Teuku Umar bisa mengundang pengusaha atau orang-orang yang berhasil di bidang wirausaha untuk menyampaikan presentasi di depan mahasiswa yang akan menjadi sarjana, bagaimana kiat menjadi sukses di dunia usaha, sekurang-kurangnya mahasiswa bisa merubah main-set, selesai kuliah mau terjun berwirausaha. “Cara seperti ini selalu kami lakukan di Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) pada setiap yudisium mahasiswa”, ujar Prof. Samadi, Dekan Fakultas Pertanian-Unsyiah, ketika bincang-bincang dengan Tim UTU News di ruang kerjanya, belum lama ini.

Prof. Samadi mengatakan, berbeda dengan kuliah diluar negeri, selesai kuliah para sarjana disana tidak pernah berpikir jadi PNS, tetapi ada inovasi yang mereka lakukan. Di Unsyiah, khususnya di Fakultas Pertanian sekarang ini selalu menekankan pada mahasiswa untuk menjadi intrepreneur (berwirausaha). Malah sekarang kami sudah memasukkan  mata kuliah agro intrepreneurship ke dalam kurikulum. Melalui mata kuliah agro intrepreneurship mahasiswa benar-benar dapat diarahkan untuk bisa mandiri dan siap menciptakan lapangan kerja. ini salah satu inovasi supaya lulusan Unsyiah bisa menciptakan lapangan kerja mandiri, seperti usaha ternak dan lain-lain sebagainya.

Prof. samadi menjelaskan, di Fakultas Pertanian Unsyiah sekarang ini ada 8 jurusan, ternyata  minat dari mahasiswa kebanyakan memilih jurusan agribisnis dan agroteknologi yang tergolong  favorit. Hal ini ter indikasi,  bidang pertanian itu sudah mulai diminati.  Selain itu, berkaitan dengan visi harus disingkronkan, kalau di Unsyiah itu lebih ditekan-kan kepada kearifan lokal baik itu di bidang pertanian dan peternakan, bagaimana  meningkatkan potensi yang ada di Aceh ini, misalnya saja riset harus lebih ditekankan kepada komunitas lokal seperti nilam, kopi, pala, dan ternak. “Penelitian mahasiswa dan dosen harus lebih diarahkan kepada komunitas lokal tersebut sesuai dengan visi Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar. (Muzakkir)

Komentar :

Lainnya :