Prof. Ramli Akui Core Product Universitas Teuku Umar Sangat Bagus
  • UTU News
  • 16. 01. 2019
  • 0
  • 269

MEULABOH - Universitas Teuku Umar (UTU) diharapkan mampu mengikuti perkembanan zaman, dengan menerapkan kurikulum standar KKNI. Jadi setiap mata kuliah itu harus mampu mendukung hard skill dan soft skill mahasiswa setelah lulus dari perguruan tinggi nantinya. “Core product UTU sangat bagus dalam bidang agro and marine industry

Demikian antara lain saran dan pendapat Prof. Dr. Ramli, SE., MS ketika ditemui Tim UTU News usai memberikan materi pada  seminar nasional belum lama ini di Aula Utama, Universitas Teuku Umar. Seminar nasional itu sendiri diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi UTU.

Prof. Ramli selaku  Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatra Utara (USU) mengatakan, perkembangan perguruan tinggi tidak akan terlepas bagaimana mempertahankan identitas yang dimilikinya. Menghadapi era perkembangan yang semakin maju tentunya perguruan tinggi harus mampu menciptakan lulusan yang siap bersaing dan berkompetisi baik di tingkat nasional maupun di tingkat internasional. Hal ini, dapat dilakukan apabila UTU mampu memberikan sesuatu yang berbeda dari yang lainnya terhadap para mahasiswa dan lulusannya.

Prof. Ramli menjelaskan, ada tiga poin dari tridarma perguruan tinggi yang memang harus benar-benar dijalankan oleh UTU agar memperoleh capaian yang bagus. Pertama; bidang pendidikan.  Bagian pendidikan ini harus mampu meningkatkan cara berpikir mahasiswa yang kritis dan mampu memahami setiap teori yang diberikan kepada mereka.

Kedua; bidang pengabdian. Bidang pengabdian  ini harus mampu menciptakan mahasiswa yang mampu menerapkan teori yang didapat ke bidang prakteknya, sehingga ketika mahasiswa terjun ke masyarakat, mereka mampu memberikan hal-hal yang bisa meningkatkan arah kemajuan. Ketiga adalah penelitian. Bidang penelitian ini harus mampu menciptakan mahasiswa yang bisa memikirkan apa saja bidang yang perlu dikaji secara mendalam yang  bisa menggabungkan sisi teori dan prakteknya sehingga mampu menemukan hal-hal terbaru dan bisa menyelesaikan persoalan yang terjadi dalam masyarakat saat ini, khususnya dalam bidang ekonomi.

Untuk itu, Universitas Teuku Umar yang saat ini menduduki posisi yang sangat strategis di wilayah Barat Selatan Aceh, apalagi UTU ini menjadi sentral yang bisa menjadi tempat lintas perdagangan diberbagai sektor dan juga penghubung wilayah lintas kepulauan antara Kabupaten Sieumelu dan Kabupaten Aceh Barat. “Ini dapat memberikan peluang yang sangat bagus bagi mahasiswa dalam mengembangkan taraf perekenomian bagi masyarakat”, ujar Prof. Ramli.

“Sistem digital saat ini harus mampu menciptakan mahasiswa berpikir lebih cepat dan juga menghasilkan konsep dagang yang mendukung masyarakat mengembangkan sektor produksi mereka. Namun, mahasiswa juga harus siap mempertahankan identitas Universitas Teuku Umar sehingga akan ada ciri khas tersendiri nantinya, apalagi UTU mempunyai core product yang sangat bagus dalam bidang agro and marine industry. Hal ini sangat berbeda dengan universitas lain, tambah Prof. Ramli

Kawasan Barat Selatan Aceh sangat cocok untuk pengembagan bidang pertanian dan kelautan sesuai dengan potensi yang ada. Potensi ini memberikan peluang yang sangat bagus bagi mahasiswa untuk bisa menerapkan ilmunya kepada masyarakat, sehingga dapat menggabungkan konsep konvensional dengan modernisasi. Karenanya, UTU diharapkan mampu menciptakan sebuah sistem ekonomi yang berbasis syariah.(***)

Lainnya :