Prodi Ilmu Hukum Fisip UTU Siapkan Borang Akreditasi
  • UPT_TIK
  • 05. 09. 2018
  • 0
  • 541

MEULABOH – Meskipun Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum masih baru, dan baru memiliki dua semester mahasiswa, namun prodi ilmu hukum telah mempersiapkan pengisian borang akreditasi program studi. Tim penyusun borang akreditasi program studi ilmu hukum sudah mulai bekerja dari  17 Juli Tahun 2018.

 Ketua Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip UTU), Apri Rotin Djusfi, SH, MH menjelasakan, pertemuan rutin yang sudah berjalan lebih kurang tiga bulan, tim penyusun borang akreditasi program studi ilmu hukum terus berupaya menyempurnakan apa saja kriteria yang dinilai oleh tim dari BAN-PT. Program Studi Ilmu Hukum merupakan program studi baru di Universitas Teuku Umar, sesuai Surat Keputusan Kemenristekdikti Nomor 368/KPT/I/2016.

Walaupun program studi ilmu hukum tergolong baru mahasiswa yaitu angkatan 2017 dan 2018, program studi ilmu hukum tetap akan terus berusaha meningkatkan mutu pendidikan dengan salah satu cara yaitu memperoleh akreditasi yang baik tentunya, sehingga alumni-alumni program studi ilmu hukum bisa menjadi calon sarjana hukum yang memiliki kualitas dan kuantitas di bidangnya masing-masing, ujar Apri Rotin.

Persiapan dan penyusunan borang untuk prodi ilmu hukum tersebut didampingi dosen pakar ahli yang dikirim dari Kemenristekdikti sekarang ini adalah  Prof. Dr. Mudin Simanihuruk, Dr. Agus Martono Hadi Putranya, D. E A, DI, dan Dr. Hendri Bustamam. Mereka berasal dari Universitas Bengkulu. “Salah satu tugas dosen pakar ahli itu, membantu pemahaman untuk meningkatkan kualitas penyusunan borang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi Universitas Teuku Umar”; ujar Herdi Susanto.

Ketua penjaminan Mutu-UTU, Herdi Susanto, ST.,MT yang juga dosen ahli Fakultas Teknik UTU menguraikan, ada tujuh standar dan kriteria yang harus terpenuhi untuk mewujudkan akreditasi yaitu Pertama, terkait dengan visi, misi, tujuan dan sasaran. Kedua, tata pramong, kepemimpinan, sistim pengelolaan, dan penjaminan mutu. Ketiga, mahasiswa dan lulusan. Ke-empat, sumber daya manuia (SDM). Kelima, kurikulum, pembelajaran, dan atmosfir akademik. Keenanm, pembiayaan, prasana dan sistem informasi. Ketujuh,  penelitian, pengabdian masyarakat.

Apri Rotin menjelaskan, tim penyusun borang akreditasi prodi ilmu hukum diketuai Sudarman, M.Ag, Wakil Ketua Nellis Mardhiah, M.Sc, Sekretaris Putri Kemala Sari, M.H dan anggotanya antara lain Apri Rotin Djusfi, M.H, Irsadi Aristora, M.H, Nila Trisna, M.H, Dara Quthni Effida, M.H, Triyanto, MA, Reni Juliani, M.I.Kom, Alimas Jonsa, M.Si, Nodi Marefanda, M.AP, Fiandy Mauliansyah, M.A, Husni Mubarrak, S.HI. Target dari program studi ilmu hukum fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas teuku umar menginginkan program studi mampu meraih akreditasi B. Borang Akreditasi 3A dan 3B direncanakan akan dikirim ke BAN-PT pada tanggal 7 September 2018. (Muzakkir)

Komentar :

Lainnya :