Prodi AGT Gelar  Kuliah Umum bertema
  • Fakultas Pertanian
  • 21. 04. 2022
  • 0
  • 917

MEULABOH - FP | Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar (UTU) menggelar kegiatan kuliah umum bertema “Fenomena Deforestasi: Kondisi, Penyebab, Penanganan dan Peran Generasi Muda” yang dilaksanakan di Aula GKT, Kampus UTU, Senin (14/3/2022).

Acara dibuka dengan sambutan dari Wakil Dekan I Faperta UTU Chairudin, S.P., M.Si. Dalam sambutannya Chairuddin mengapresiasi kegiatan tersebut. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk membuka wawasan dan kepedulian mahasiswa tentang peran tumbuhan dan lingkungannya terhadap kehidupan sehingga kita dapat menjaga alam ini agar tidak terjadi kerusakan.

Kuliah umum tersebut menghadirkan pembicara Prof. Dr. Ir. Abu Bakar Karim, M.S, beliau adalah guru besar Fakultas Pertanian USK, Ketua Senat USK, Ketua HITI Komda Aceh, dan Ketua Pusat Riset Kopi dan Kakao Aceh Prof. Abubakar dalam paparannya menyampaikan bagaimana kondisi hutan Aceh yang disusun dalam RTRW Aceh menurut Qanun No.19 Tahun 2013.

 Beliau juga menjelaskan penyebab terjadinya deforestasi, diantaranya perkebunan skala besar dan kecil, Industri penebangan kayu, membuka jalur/Jalan, pertambangan, ekspansi pemukiman, industri perikanan. Sementara penanganan deforestasi tergantung jenis lahan dan tingkat keparahannya, langkah yang dapat dilakukan antara lain merehabilitasi dan penanaman kembali pada lahan yang sudah terdegradasi, mencari alternatif untuk pembukaan lahan khususnya yang berhubungan dengan pertanian dan perkebunan. Selain itu, melakukan pengawasan dengan baik, serta melakukan pengelolaan lahan secara tepat dan menghindari kerusakan. Generasi muda dapat mengambil peran dalam menurunkan dampak deforestasi dengan melakukan pengawasan serta advokasi.

Lainnya :