Prodi Agroteknologi Gelar Workshop Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi
  • Fakultas Pertanian
  • 05. 11. 2021
  • 0
  • 2621

MEULABOH, UTU – Fakultas Pertanian UTU melalui Prodi Agroteknologi menggelar kegiatan Workshop Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi bagi para dosen. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari dengan menghadirkan pemateri Prof. Dr. Ir. Rina Sriwati, M.Si yang merupakan salah satu reviewer internasional tersertifikasi dari Universitas Syiah Kuala. Workshop tersebut dilaksanakan pada Senin, 25 Oktober 2021 yang dipusatkan pada ruang rapat senat Gedung Kuliah Terintegrasi (GKT). Sebanyak 20 dosen dari 3 prodi di lingkup Fakultas Pertanian UTU dilatih untuk menulis hingga mempublikasikan artikel ilmiah pada jurnal internasional bereputasi.

Pada sambutannya, Wakil Dekan I Fakultas Pertanian, Chairudin, SP, M.Si, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk membangkitkan semangat para dosen dalam menghasilkan karya-karya ilmiah terutama di level internasional, terlebih dalam beberapa tahun terakhir Fakultas pertanian masih relatif kurang dalam menghasilkan artikel yang diterbitkan pada jurnal internasional bereputasi. Oleh sebab itu dengan adanya kegiatan ini beliau berharap bisa menjadi pembuka lahirnya karya-karya ilmiah dari Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar.

Lebih lanjut beliau menerangkan peningkatan dari segi jumlah publikasi yang dihasikan akan berpengaruh secara langsung pada indikator kinerja utama 5 (IKU 5) perguruan tinggi dalam hal hasil kinerja dosen dengan outcome berupa publikasi Internasional bereputasi.

Pada Kesempatan yang sama, Ketua Program Studi Agroteknologi, Sumeinika Fitria Lizmah, S.Si., M.Si menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan agenda yang sudah direncanakan dalam program kerja Prodi Agroteknologi dalam rangka meningkatkan pengetahuan dosen tentang trik dan teknik publikasi artikel ilmia sehingga bisa diterima pada jurnal-jurnal internasional bereputasi. Ia mengharapkan agar dosen yang mengikuti kegiatan ini dapat memanfaatkan kesempatan menimba ilmu sebanyak-banyaknya dari pakar yang menjadi narasumber sehingga kualitas dosen semakin meningkat khususnya dalam publikasi karya ilmiah.

Pada Kesempatan ini Prof. Dr. Ir. Rina Sriwati, M.Si selaku narasumber memaparkan terkait sistematika penulisan artikel ilmiah internasional, tips dan trik dalam menelusuri jurnal dan publisher bereputasi, menghindari jurnal predator serta cara menyajikan data yang layak untuk dipublikasi. Pada akhir sesi kegiatan ini juga dilakukan coaching clinic draft artikel  yang telah disiapkan oleh dosen untuk diberi masukan dalam rangka meningkatkan kualitas draft tersebut. (Zakaria, Abdul Gafur dan Abrar malaby)

Lainnya :