Pimpinan FISIP UTU Seleksi Calon Dosen Berprestasi Tingkat Fakultas
  • UTU News
  • 29. 06. 2019
  • 0
  • 771

MEULABOH – Pimpinan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Teuku Umar (FISIP-UTU), telah melakukan seleksi calon dosen berprestasi tingkat fakultas, di ruang rapat Pimpinan FISIP, Sabtu, 29 Juni 2019.

Kepala Bagian Tata Usaha FISIP, Raflizar, S.STP.,M. Si, didampingi Kasubbag Keuangan FISIP, Muhammad Idris, S.Pd, M. Pd menjelaskan, Tim yang melakukan seleksi calon dosen berprestasi Fisip adalah Dekan FISIP, Basri, SH.,MH, Sudarman Alwy, M. Ag (Mantan Wakil Dekan 1 FISIP), dan Nila Trisna, SH.,MH (Ketua Program Studi Ilmu Hukum FISIP).  Tim seleksi calon dosen berprestasi FISIP sangat solid dan dibantu oleh tim sekretariat FISIP yaitu Rafizar, S.STP.,M. Si dan Muhammad Idris, S.Pd.,M. Pd.

“Alhamdulillah, proses seleksi calon dosen berprestasi ditingkat fakultas berjalan lancar, semoga melalui proses seleksi ini akan mampu  meningkatkan lagi semangat dan motivasi dosen dalam mengejar prestasi akademik  ke depan”, ujar Dekan Basri.

Raflizar dan Muhammad Idris menyebutkan, yang mendaftar dan menyerahkan berkas calon dosen berprestasi dari FISIP sebanyak 4 (empat) orang yaitu Dr. Afrizal Tjoetra, M. Si (Prodi Sosiologi), Nellis Mardhiah, M. Sc (Prodi Ilmu Administrasi Negara), Dara Quthni Effida, SH.,MH (Prodi Ilmu Hukum), Drs. Muzakkir, MA (Prodi Ilmu Komunikasi).

Menurut Raflizar, dari empat calon dosen berprestasi FISIP, nantinya akan ditetapkan siapa yang mewakili FISIP sebagai calon dosen berprestasi tingkat Rektorat Universitas Teuku Umar. “Insya Allah, penetapan itu akan kita lakukan pada 5 Juli 2019”, ujar Raflizar.   

Seleksi calon dosen berprestasi sesuai dengan peraturan Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) akan menyelenggarakan Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Diktendik) Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2019.

Seleksi ini didasarkan pada Surat Edaran Dirjen Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi Nomor B/1103/P.D2/KK.01/2019 tentang Pemilihan Diktendik Berprestasi 2019 yang ditujukan kepada seluruh pimpinan perguruan tinggi negeri dan koordinator Kopertis di seluruh Indonesia tanggal 23 mei 2019.

Sebelumnya, Dekan FPIK UTU, Prof. Dr. Ali Sarong, M.Si menjelaskan, delapan kategori Diktendik Berprestasi yang dikompetisikan yakni Ketua Program Studi Berprestasi, Dosen Berprestasi Bidang Sains Teknologi, Dosen Berprestasi Bidang Sosial dan Humaniora, Laboran Berprestasi, Pustakawan Berprestasi, Arsiparis Berprestasi, Pengelola Keuangan Berprestasi dan Pengelola Administrasi Akademik Berprestasi.

Prof Ali Sarong, menyebutkan, kriteria penilaian Diktendik UTU 2019 berpedoman pada cara penilaian jabatan fungsional dosen Kemenristekdikti yang telah dimodivikasi, nantinya jika pedoman penilaian yang baku telah keluar maka kita akan mengacu pada blanko penilaian tersebut.

Lebih lanjut, Prof Ali Sarong menjelaskan pemaparan pedoman penilaian ini berisi bidang yang perlu dinilai terutama Bidang (1) Pendidikan dan Pengajaran, (2) Bidang Penelitian, (3) Bidang Pengabdian Kepada masyarakat, dan 4) Bidang Penunjang. Bidang Pendidikan dan pengajaran hanya Buku (Buku Referensi, Buku Ajar) sebagai karya inovasi yang dinilai, Bidang Penelitian  dinilai hasil penelitian, artikel yang dipublikasi  dalam jurnal, dan Prosiding nasional dan international (seminar nasional dan seminar international), beserta buku monograf yang dinilai.

Bidang pengabdian masyarakat yang dinilai adalah karya pengabdian kepada  masyarakat dengan prioritas ada laporan, surat tugas, dan surat keterangan melaksanakan pengabdian dan sertifikat. Sementara bidang penunjang yang dinilai adalah sertifikat prestasi dan sertifikat umum. Semua kegiatan dibidang ini nilai bobot mengacu pada pedoman penilaian jabatan fungsional dosen, dan semua menyepakatinya untuk dijadikan patokan penilaian dosen berprestasi Universitas Teuku Umar.

Disamping mengikuti rangkaian kegiatan Dikti, pimpinan UTU berharap pemilihan Diktendik berprestasi ini akan mampu meningkatkan motivasi dan prestasi kerja akademik dan ilmiah serta menumbuhkan inovasi dalam hal pendidikan, penelitian dan manajemen kependidikan sehingga mendongkrak prestasi dan kontribusi UTU baik di level nasional maupun internasional. (Zakir)

Lainnya :