PERDANA, TIM ASESOR BAN-PT LAKUKAN ASESMEN LAPANGAN PADA PRODI THP FAKULTAS PERTANIAN UTU
  • Fakultas Pertanian
  • 17. 06. 2021
  • 0
  • 375

Fakultas Pertanian News – Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (THP) Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar, Aceh Barat pada hari Jum’at dan Sabtu (11-12 Juni 2021), dilakukan asesmen lapangan (visitasi) secara daring oleh dua asesor yang ditunjuk oleh BAN-PT untuk menilai kinerja program studi dalam rangka mendapatkan akreditasi program studi. Asesor yang melakukan asesmen lapangan yaitu Prof. Dr. Ir. Imas Siti Setiasih, SU dari Universitas Padjajaran dan Dr. Ir. Makhmudun Ainuri, M.Si dari Universitas Gadjah Mada. Kegiatan asesmen lapangan Program Studi THP merujuk pada pedoman akreditasi prodi berbasis 9 kriteria yang telah diterbitkan sejak Tahun 2017. Kegiatan asesmen lapangan dipusatkan di ruang rapat senat UTU pada gedung terintegrasi yang dihadiri pimpinan fakultas, prodi, dosen dan tenaga kependidikan.

Hari pertama asesmen lapangan, asesor mengupas dan mewancarai pimpinan fakultas sebagai pengelola fakultas dan pengelola Program Studi THP tim penyusun akreditasi prodi, tenaga kependidikan, stake holder mitra, perwakilan orang tua mahasiswa dan mahasiswa menggunakan aplikasi zoom meeting untuk memverifikasi terhadap data yang terdapat pada borang yang telah dikirimkan ke BAN-PT oleh program studi. Di hari kedua, asesor melakukan kunjungan lapangan daring ke fasilitas penunjang pendidikan dan layanan seperti ruang kuliah, ruang kedekanan, ruang program studi, laboratorium, sarana kesehatan, dan lainnya.

Dekan Fakultas Pertanian UTU, Ir. Yuliatul Muslimah, M.P, menyampaikan bahwa Program Studi THP merupakan program studi termuda di Fakultas Pertanian UTU yang perdana menerima mahasiswa pada Tahun 2017. “ kami ucapkan terima kasih kepada BANPT dan asesor yang telah menjadwalkan agenda visitasi ini, kegiatan ini perdana bagi Program Studi THP dalam rangka mendapatkan predikat akreditasi. Semoga Program Studi THP memperoleh nilai maksimal dari asesor dan mendapatkan akreditasi terbaik untuk kita semua “ ujarnya. Persiapan yang dilakukan sudah cukup lama untuk menyambut kehadiran asesor dalam rangka asesmen lapangan, baik tim akreditasi prodi maupun fakultas.

Ketua Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Hilka Yuliani, S.T.P., M.Si menyampaikan bahwa persiapan borang akreditasi yang merujuk pada 9 kriteria telah dilakukan jauh hari untuk dipertanggungjawabkan di depan tim asesor. Kehadiran asesor BAN-PT saat ini merupakan tahap lanjutan dari evaluasi borang akreditasi Program Studi THP Fakultas Pertanian UTU. Diharapkan setelah dilakukan semua proses asesmen lapangan ini, Program Studi Teknologi Hasil Pertanian mendapatkan predikat akreditasi memuaskan dan menjadi hadiah terindah bagi dosen dan mahasiswa THP secara khusus dan Fakultas Pertanian secara umum. (Zakaria, Abdul Gafur dan Abrar malaby)

Lainnya :