Mursyidin: Simba Penting Untuk Transisi Karakter
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  • 20. 08. 2018
  • 0
  • 449

CAKRADUNIA.COM Meulaboh – Kegiatan Silahturrahmi Mahasiswa Baru (Simba) Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh yang digelar selama tiga hari 14-16 Agustus 2018 di kampus Alue Panyareng, Meurebo Aceh Barat penting artinya bagi mahasiswa baru.

Menurut Dekan Fakultas Ilmu Sosial Politik (Fisip) UTU, Mursyidin Zakaria, Jumat (17/8/18) Simba merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa baru untuk mengenali dunia akademik, masa peralihan dari sekolah ke perkuliahan.

Simba, katanya, menjadi tongkat awal untuk membentuk karakter mahasiswa yang akan membantunya semasa kuliah empat sampai lima tahun kedepan.

“Kepribadian dan intelektualitas mahasiswa Fisip setelah Simba, menjadi tolok ukur nantinya dan Ini menjadi transisi karakter dari pelajar ke Mahasiswa,” kata Mursyidin. 

Dengan adanya orientasi, mahasiswa tahu jati diri, faham tridharma perguruan tinggi, sehingga jelas tujuan menimba ilmu dibangku perkuliahan. Mahasiswa kreatif dan inovatif dalam merespon berbagai masalah nantinya, diharap moralnya tetap terkendali dengan baik.

Selain kegiatan pokok, mahasiswa juga diajarkan pendekatan sosial, rasa peduli sesama anak bangsa dengan menggelar doa bersama bagi korban gempa Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB). Selain 418 mahasiswa baru, kegiatan tersebut juga diikuti mahasiswa senior, dosen, alumni dan staf jajaran fakultas tersebut.

Mursyidin Zakaria mengungkapkan, doa bersama tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, sekaligus menanamkan nilai sosial dalam diri mahasiswa baru. Terlebih, masyarakat Aceh pernah merasakan musibah serupa pada saat gempa dan tsunami 2004 silam

“Warga Lombok yang  telah tiada semoga mendapat tempat mulya disisi Allah SWT dan bagi yang ditinggalkan, sabar dan tabah menghadapi cobaan tersebut,” tutup Mursyidin.

Fitriadilanta

sumber; http://cakradunia.com/mursyidin-simba-penting-untuk-transisi-karakter.html

Lainnya :