Miru Arjo, Mahasiswa FP-UTU Raih Prestasi Karya Ilmiah Tingkat Nasional di Bandung
  • UTU News
  • 15. 03. 2019
  • 0
  • 280

MEULABOH - Miru Arjo Love Frianos, Mahasiswa Fakultas Pertanian-Universitas Teuku Umar (FP-UTU) berhasil meraih juara harapan 2, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tingkat Nasional, yang dilaksanakan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung, pada 1 Maret 2019.

Judul LKTI Miru adalah Jimat Sakti (Jeroan Ikan Trichoderma SP), Sumber Nutrisi Tanaman Sebagai Solusi Pertanian Lahan Sempit Akibat Alih Fungsi Lahan di Perkotaan. Miru diundang masuk 10 finalis besar untuk mempersentasikan karyanya  bersaing dengan finalis lainnya yaitu dari Universitas Sebelas Maret, Universitas Darusalam Gontor, Universitas Padjajaran, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Muhammadiyah Jember, Universitas Bengkulu, Universitas Jember.

Sebelumnya, Miru Arjo juga pernah meraih juara 2 pada perlombaan karya tulis UTU Awards ke-4 dalam kompetisi Bidang Produk Inovatif Berbasis Pertanian dan Kelautan. Miru Arjo berharap semoga kedepannya semakin banyak mahasiswa UTU yang mau berkarya pada Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), karena dengan adanya tulisan yang kita buat dapat menjadi sumber acuan baru bagi para pembaca dan orang yang membutuhkan sumber informasi  dan dengan mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah, kita dapat memperkenalkan dan mengharumkan nama almamater Kampus UTU dikancah Nasional maupun Internasional.

Miru Arjo juga memaparkan, Universitas Islam Sunan Gunung Djati adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terletak di JL. A.H Nasution No.105. Cipadung, Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat. Universitas ini memiliki Fakultas Sains dan Teknologi yang di dalamnya antara lain terdapat program studi agroteknologi.

Kegiatan LKTI ini diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Agroteknologi (Himagi), UIN-SGD Bandung dengan Tema “Solusi Alih Fungsi Lahan Pertanian Di Perkotaan dan sub tema “Teknologi dan Inovasi” yang pelaksanaannya dimulai dari pengumpulan abstrak 15-26 Januari 2019, pengumpulan full paper 14-21 Februari 2019, dan presentasi 10 karya terbaik pada, 1 Maret 2019.

“Diharapkan dalam kompetisi ini dapat menciptakan karya-karya ilmiah yang bersifat objektif, kreatif dan original dari mahasiswa agroteknologi/agroekoteknologi se-Indonesia yang bisa mengatasi permasalahan pertanian saat ini”.  Kegiatan LKTI Tingkat Nasional ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Musyawarah Nasional Forum Mahasiswa Agroteknologi Indonesia (Munas-Formatani). Forum ini merupakan kumpulan mahasiswa aktif jurusan agroteknologi/agroekoteknologi yang memiliki visi yang sama dalam kemajuan teknologi pertanian yaitu mewujudkan mahasiswa agroteknologi/agroekoteknologi yang religius, kritis, dinamis, dialektis, dan berdedikasi tinggi terhadap Tridarma Perguruan Tinggi serta profesional di bidang keilmuannya untuk memajukan pertanian Indonesia”, sehingga  Formatani dapat dijadikan sebagai salah satu agent of change dalam kemajuan pertanian, diantaranya melalui pengkajian smart farming.(***)

Lainnya :