Majlis Profesor MPN Malaysia Siap Bantu Dosen UTU Untuk Publikasi Jurnal Internasional
  • UTU News
  • 07. 07. 2019
  • 0
  • 199

MEULABOH - Dalam usaha meningkatkan pengembangan ilmu melalui riset dan publikasi jurnal internasional, Pimpinan Universitas Teuku Umar  (UTU) telah menjajaki kerjasama dengan Majlis Profesor Negara (MPN) Malaysia, untuk melatih penulisan pada jurnal internasional, bahkan MPN siap membantu publish bersama dengan para ilmuan di Malaysia.

MPN merupakan  suatu kolektif sosial yang diwujudkan pertama kali dalam sejarah negara Malaysia untuk menjadi payung kepada modal insan yang sangat berharga, berkelulusan tinggi dengan nilai tambahan yang luar biasa yaitu Para Profesor.

MPN bertanggung jawab menyumbang idea, menyusun strategi dan mengatur tindakan untuk kebaikan negara dan rakyat berasaskan pengalaman dan ilmu pengetahuannya. MPN disebut juga Pemikir Negara.  “Kerjasama ini disepakati ini saat Wakil Rektor 3 UTU, Dr. Mursyidin, MA dan Dekan FPIK UTU, Prof. Dr. M. Ali Sarong mengunjungi MPN Malaysia di Kuala Lumpur pada 2 Juli 2019 yang lalu.

Delegasi UTU langsung disambut oleh Vice President MPN, Prof. Dr. Kamaruddin M. Said diruang kerjanya. "MPN Malaysia Insya Allah akan membantu dosen  UTU dalam hal penerbitan di jurnal Internasional, kami juga siap menyelia (membimbing) tulisan dosen UTU untuk diterbitkan di Malaysia atau diluar negara Malaysia”, ujar Prof. Kamaruddin.

Dikatakan, MPN ini satu perkumpulan para ilmuan di Malaysia dengan berbagai bidang ilmu yang juga siap bila diundang ke Aceh untuk mengisi konferensi dan kuliah tamu di kampus yang ada di Aceh. “Ini penting untuk transfer ilmu dari para pakar untuk disampaikan kepada mahasiswa di UTU”, tutur Prof. Kamaruddin, Guru Besar Sosiologi UKM.

Dalam ucapan balas oleh Wakil Rektor 3 UTU, Dr. Mursyidin menyampaikan terima kasih atas kesediaan MPN untuk membantu dosen UTU dalam hal penerbitan di jurnal Internasional dibelahan dunia, juga kesediaan MPN untuk mentransfer ilmu mereka kepada mahasiswa UTU melalui seminar internasional, pada kuliah umum atau kuliah tamu.  “Prof. Kamaruddin sudah bersedia menjadi salah seorang pemateri pada Seminar Internasional UTU, yang dilaksanakan pada bulan November 2019 mendatang. Tema Seminar Internasional adalah,  "Meningkatkan Sumberdaya Manusia UTU dalam Mempersiapkan Lulusan Sarjana yang berinovatif, kreatif dan Kewirausahawan"

Pada acara seminar nantinya  juga akan diundang beberapa orang pakar dalam berbagai bidang ilmu baik dari dalam maupun luar negeri. Kegiatan seminar ini digagas langsung oleh  Pusat Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) UTU, ungkap Dr. Mursyidin, alumnus Doktor UKM Malaysia. (Penulis Mursyidin)

Lainnya :