Mahasiswa UTU Ikuti Sosialisasi Beasiswa ke Amerika Serikat
  • UTU News
  • 01. 10. 2018
  • 0
  • 396

MEULABOH – Mahasiswa dan Dosen Universitas Teuku Umar (UTU) diperkenankan mengikuti sosialisasi beasiswa kuliah ke Amerika Serikat (AS). Sosialisasi beasiswa ke Amerika Serikat itu, dilakukan Lilis Su`adah, MA, Tesol, di Aula Utama UTU, 28 September 2018.  Sosialisasi beasiswa ke Amerika dengan program, “Student of Short Course: English Language Study Program (IELSP) In South Caroline University, USA, 2018”

Endah Anisa Rahma, M. Pd dan Siti Alfiyaturrohmaniyyah, S.Pd, selaku staf Pusat Bahasa Asing UTU menyebutkan,  Lilis Su`adah adalah Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh,  dan juga sebagai Education USA Advisor Aceh. Kehadiran Lilis Su`adah menyampaikan sosialisasi atas undangan dari Lembaga Pusat Bahasa Asing Universitas Teuku Umar (UTU). “Tugas saya sebagai Education USA Advisor di Aceh  adalah untuk mempromosikan kuliah ke Amerika Serikat”, ujar perempuan kelahiran Aceh, Lilis Su`adah.

Lilis Su`adah mengatakan, mahasiswa UTU masih punya waktu 3 sampai 4 tahun ke depan untuk mempersiapkan diri melanjutkan kuliah ke Amerika Serikat. “Tugas kami membantu memberikan informasi, membimbing proses persiapan, proses seleksi, proses mendaftar kuliah ke Amerika Serikat. Lokasi Centre Education USA Advisor untuk Aceh adalah di UIN Ar-Raniry-Banda Aceh. Center itu untuk membimbing anak-anak Aceh yang ingin sekolah ke Amerika Serikat”, ujar Lilis Su`adah.

Menurut Lilis Su`adah, ada 5 (lima) langkah kuliah ke Amerika Serikat yaitu memilih kampus, membiayai kuliah, mengisi formulir, mengajukan visa, dan persiapan keberangkatan. Persiapan yang harus dilakukan kuliah ke Amerika Serikat bagi yang mendapatkan beasiswa adalah membuat sesi  persiapan sebelum pemberangkatan, misalnya menyiapkan dokumen yang harus dibawa atau bagaimana berkomunikasi di Amerika Serikat. “Kalau ada kemauan, semuanya bisa gratis”.

Kenapa harus kuliah ke Amerika? ternyata  studi di Amerika Serikat lengkap. Saat ini,  di Amerika Serikat ada 4.000 lebih kampus kuliah yang terakreditasi baik. Mau kuliah apa saja ada di Amerika Serikat, termasuk Islamic studies,  economic, robotic, ennginering dan lain-lain ada di Amerika. Rata-rata masyarakat dunia yang kuliah di Amerika Serikat memilih jurusan pertama adalah teknik karena dianggap paling bagus. Sesudah teknik,  umumnya memilih jurusan ekonomi. “Ekonomi salah satu jurusan favorit bagi mahasiswa international, di Amerika Serikat”, papar Lilis Su`adah.

Kuliah ke Amerika Serikat itu, mulai jenjang S1, dan setelah lulus Si boleh lanjut ke S2 dan ke S3. “Adik-adik sebagai mahasiswa UTU yang ingin melanjutkan kuliah ke Amerika, tentukan dari sekarang. Kami akan membantu memilih kampus, dan membantu cara membiayai kuliah. Kalau sudah siap dengan persyaratan, kami juga bisa membantu untuk mendaftar langsung ke kampusnya, misalnya ke California, ke Columbia, atau ke kampus lain di Wilayah Amerika Serikat”, ujar Lilis Su`adah.

Hal yang perlu diperhatikan ketika mau kuliah ke Amerika Serikat, pertama; memilih jurusan. tentukan dari sekarang, apa mau milih jurasan arsitektur. Setelah itu, pikirkan juga mau tinggal dimana, apa mau tinggail di kota seperti New York, karena biaya hidup di New York mahal, atau mau  yang murah biaya hidupnya, tinggal mau pilih yang mana. Bahkan, kuliah di Amerika Serikat juga ada kesempatan untuk berdakwah bagi kita sebagai muslim. (Zakir)

Lainnya :