Mahasiswa Pertanian UTU Raih Juara I Lomba Makalah ISMPI
  • UTU News
  • 06. 07. 2019
  • 0
  • 214

Mahasiswa Pertanian UTU Raih Juara 1 Lomba Makalah ISMPI

MEULABOH - Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia (ISMPI) Wilayah I Sumatera menggelar seminar nasional Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Pertanian Wilayah1 dan lomba makalah pada, 24 – 29 juni 2019 di STIPAP, Medan-Sumatera Utama.

Delegasi Mahasiswa yang diutus oleh Universitas Teuku Umar (UTU) Jufri selaku Ketua BEM Faperta UTU dan 16 orang Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh lembaga yang merupakan kumpulan dari mahasiswa pertanian seluruh Indonesia.

Kegiatan yang diikuti oleh 17 Perguruan Tinggi berbasis pertanian wilayah sumatera itu dibuka oleh Kepala Biro Humas dan Infirmasi Publik Kementrian Pertanian RI, Kuntoro Boga Andri, SP, M.Agr, Ph.D, dalam sambutannya ia mengatakan kita tahu saat ini Indonesia mengalami masa transisi regenerasi petani. Bahkan statistik menyebutkan jumlah petani tersisa 27% dari total angkatan kerja. Karena itu, kita harus melakukan program regenerasi,”

Menurut Kuntoro, hal tersebut perlu dilakukan melalui beberapa program strategis, seperti gerakan sejuta petani milenial, revitalisasi sekolah vokasi. Dan Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) yang tercatat sudah beranggotakan lebih dari 500 ribu pemuda tani.

“Generasi muda kita sangat potensial mengembangkan dan mengembalikan kejayaan pertanian. Terutama para mahasiswa pertanian yang sedang menimba ilmu dan tergabung dalam organisasi pertanian,” katanya.

Jufri, Ketua BEM FAPERTA UTU menyampaikan, bahwa BEM FAPERTA UTU merupakan peserta aktif dalam forum ilmiah tersebut. Dimana hampir dalam setiap kesempatan kegiatan ISMPI mengirimkan perwakilannya. Begitu juga untuk kegiatan kali ini, bahkan kita berhasil menyabet juara satu dalam ajang lomba makalah yang bertema “kebakaran hutan ” yang di ikuti oleh kampus pertanian dari Aceh – Lampung. ,” kata Jufri (Aduwina)

Lainnya :