Mahasiswa FKM-UTU Gelar Aksi Simpati Deteksi Kanker Payudara
  • UTU News
  • 15. 10. 2018
  • 0
  • 459

MEULABOH – Dalam rangka memperingati breast cancer awareness (bulan kesadaran kanker payudara), sejumlah mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat-Universitas Teuku Umar (FKM-UTU),  menggelar aksi simpati dengan membagikan bunga dan selebaran untuk mendeteksi dini kanker payudara kepada masyarakat. Aksi simpati yang dilakukan di seputaran Simpang Kisaran Meulaboh-Aceh Barat, Minggu, 14 Oktober 2018, melibatkan 15 mahasiswa FKM-UTU.

Aksi simpati deteksi dini kanker payudara oleh mahasiswa FKM yang diketuai Jauhar Maulidi Awaina dibimbing langsung Dosen FKM-UTU Arfah Husna, SKM.,MKM, dan Siti Maisyaroh Fitri Siregar, SKM, M. Kes. “Tujuan dari aksi simpati yang dilakukan mahasiswa FKM UTU ini  untuk membantu meningkatkan perhatian dan dukungan kepada masyarakat agar muncul kesadaran deteksi dini terhadap kanker payudara”, ujar Arfah Husna.

Arfah Husna mengatakan, dalam aksi simpati tersebut, mahasiswa FKM UTU membagi-bagikan bunga dan selebaran yang berisi informasi tentang kanker payudara dan cara mendeteksi dini kanker payudara dengan metode SADARI (Periksa Payudara Sendiri). Kegiatan aksi simpati dimaksud juga merupakan aplikasi dan responsi  dari Mata Kuliah Promosi Kesehatan yang diikuti oleh beberapa mahasiswa pada semester ganjil ini.

Menurut petunjuk kesehatan dunia, yang dikutip Arfah Husna, terjangkitnya kanker payudara itu tergolong penyebab kematian nomor 2 setelah kanker serviks. Bahkan, satu dari delapan perempuan berpotensi akan menderita kanker payudara. Untuk itu, diharapkan kepada masyarakat, terutama yang berada di Kabupaten Aceh Barat, agar lebih peduli, waspada  dan sadar terhadap kesehatan payudara. (Zakir)

Lainnya :