Mahasiswa Ekonomi UTU Raih Juara 1 Lomba Accounting Cycle
  • UTU News
  • 21. 10. 2018
  • 0
  • 594

MEULABOH – Tim Bravo Mahasiswa  Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomi-Universitas Teuku Umar (FE-UTU) berhasil meraih juara I lomba Pekan Ilmiah Akuntansi ke XXI (PIA XXI), yang berlangsung di Fakultas Ekonomi dan Bisnis -Universitas Syiah Kuala  (FEB-Unsyiah)-Banda Aceh, 15-18 Oktober 2018. Pekan Ilmiah Akuntansi tersebut dibuka Walikomadya Banda Aceh, H. Aminullah Usaman, SE, Ak.,MM.

Ketua Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi-UTU, Budianto, SE.,M.Si menjelaskan, Tim Bravo yang sukses memperoleh juara 1 lomba Pekan Ilmiah Akuntansi adalah Nanda Rasbima Sagala dan Marlisa (Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi UTU), mengalahkan tuan rumah Unsyiah. Dalam event tersebut, Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi UTU mengirimkan dua tim; Tim Bravo dan Tim Tango untuk kategori  unggulan yaitu Accounting Cycle Competition  (Kompetisi Menyelesaikan Siklus Akuntansi sebuah Perusahaan). Tim Tango adalah Tesa Purwati dan Samsidar.

Jenis perlombaan  Accounting Cycle Competition  yang diikuti Tim Bravo dan Tim Tango  dibimbing oleh Budianto, SE.,M.Si dan Ika Rahmadani, SE.,M.Si, Ak. Pada kategori tersebut mahasiswa dituntut menguasai siklus akuntansi perusahaan yang dimulai dari penjurnalan, posting ke buku besar, neraca saldo, ayat jurnal penyesuaian, hingga menyusun Laporan keuangan (laporan Posisi keuangan, laporan laba/rugi, laporan perubahan ekuitas), ujar Bidianto.

Budianto menyebutkan, Pekan Ilmiah Akuntansi merupakan ajang tahunan bergengsi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi (Himaka) Unsyiah. Event tersebut diikuti oleh peserta dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di tingkat nasional (baik D3 maupun S1) hingga pelajar tingkat SMA/SMK.

Aminullah Usman, SE, Ak., MM, yang juga Ketua Ikatan Alumni Akuntansi (IAA) Unsyiah periode 2016-2019 dalam sambutannya mengharapkan melalui event tersebut dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi mahasiswa ekonomi khususnya jurusan akuntansi, sehingga nantinya mampu bersaing ditingkat global. “Ajang ini sesuai dengan visi misi Pemerintah Kotamadya Banda Aceh yang bertumpu pada sektor ekonomi, pendidikan dan agama”, ujar Walikota Aminullah yang juga putra kelahiran Aceh Barat.

Serangkaian dengan perlombaan tersebut juga diperlombakan kegiatan presentasi tingkat mahasiswa, cerdas cermat dan  lomba berhitung akuntansi dan perpajakan tingkat SMA/SMK, seminar Internasional, pelatihan software zahir Accounting, serta pendidikan profesional berkelanjutan (PPL) yang diselenggarakan oleh IAI (Ikatan Akuntan Indonesia). (Zakir)

Lainnya :