Dr. Alfizar, “Lakukan Kegiatan Simba Dengan Sentuhan Kasih Sayang ”
  • UPT_TIK
  • 14. 08. 2018
  • 0
  • 612

MEULABOH – Dr. Ir Alfizar, DAA menegaskan kepada mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) sebagai senior dalam kegiatan Silaturrahmi Mahasiswa Baru (Simba)  untuk tidak melakukan kekerasan/ menyakiti mahasiswa baru yang sedang ikut Simba. “Tidak ada unsur kekerasan dalam kegiatan Simba. Simba sifatnya perkenalan, dan lakukan-lah kegiatan Simba dengan penuh keakraban dan kasih sayang sesama serta penuh kelembutan”, tegas Alfizar, Wakil Rektor I Universitas Teuku Umar (UTU).

“Kami tegaskan sekali lagi, kalau ada mahasiswa senior melakukan kegiatan diluar batas normal, secara kekerasan, mahasiswa peserta Simba dapat segera melaporkan kepada kami. Simba sifatnya perkenalan antara sesama mahasiswa baru, antara mahasiswa baru dengan  mahasiswa lama, dan antara mahasiswa baru dengan dosen dan seterusnya”, ujar Alfizar, ketika membuka kegiatan Simba, mewakili Rektor, 14 Agustus 2018, di halaman Kampus UTU.

Dalam kesempatan itu, Alfizar mengatakan, adik-adik mahasiswa baru adalah calon pemimpin masa depan, penerus bangsa. Untuk itu, raihlah cita-cita Anda, rencanakan dari awal secara bertahap, “jangan lalai, jangan ikut-ikut teman-teman yang tidak punya tujuan yang jelas, utamakan fokus pada penddikan, dan usahakan empat tahun selesai. Anda sebagai mahasiswa baru, jangan ikut kegiatan yang tidak jelas kecuali yang boleh diikuti kegiatan Ormawa (Organisasi mahasiswa), dan kegiatan BEM. Selain itu,  ada juga bidang seni, olahraga yang layak diikuti. Selamat, semoga adik-adik berhasil menempuh pendidikan di Universitas Teuku Umar ini”, ujar Alfizar,  diakhir arahan dan bimbingannya ketiga membuka kegiatan Simba.

Hadir pada pembukaan Simba Wakil Rektor II-UTU, Dr. Ishak Hasan, M.Si, Kepala Biro Umum dan Keaungan UTU, Mawardi Amin, SE, Ak, para dekan, wakil dekan, para ketua-ketua program studi. Sebanyak 1.684  mahasiswa yang lulus tes seleksi di Universitas Teuku Umar (UTU) tahun 2018, diwajibkan mengikuti kegiatan Silaturrahmi Mahasiswa Baru (SIMBA) yang akan dilaksanakan selama 3 hari, 14 sampai 16 Agustus 2018.

Sebelumnya, Kasubbag Kehumasan Universitas Teuku Umar (UTU), Ilham, S.Pd.I menjelaskan, mahasiswa baru yang akan  mengikuti  SIMBA sebanyak  1.684 itu adalah  dari jalur SNMPTN sejumlah 609 orang, dari jalur SBMPTN mencapai 792 orang,  dan dari jalur SMMPTN (Mandiri) berjumlah 288. Kegiatan SIMBA digelar pada dua tingkatan, untuk tingkat universitas dilaksanakan tanggal  14 Agustus 2018 (satu hari). Sedangkan untuk tingkat fakultas masing-masing dilaksanakan selama dua hari, tanggal 15 dan 16 Agustus 2018

Narasumber yang menyampaikan materi pada kegiatan SIMBA  akan diisi oleh Dr. Alfizar, DAA, Wakil Rektor I UTU (Pengenalan sistim akademik pendidikan tinggi dan pendidikan berkarakter), Dr. Ishak Hasan, M.Si (Wakil Rektor II UTU), Dr. Teuku Ahmad Yani, SH, M.Hum (Wakil Rektor III UTU), Pangdam Iskandar Muda (Tatanan Dasar Bela Negara, wawasan Kebangsaan, Sistim Pertahanan Negara dan Revolusi Mental), Kapolres Aceh Barat (Penanggulangan Radikalisme, Terorisme, Budaya Narkoba dan Kenakalan Remaja), dari unsur Menwa dan dari unsur Orgainsasi mahasiswa  (Ormawa).

Tahun ajaran akademik 2018/2019 jumlah pelamar yang berminat kuliah masuk Perguruan Tinggi Negeri Universitas Teuku Umar (UTU) mencapai 6.562 orang. Namun, kuota (daya tampung) mahasiswa untuk ajaran tersebut sebanyak 1.684 mahasiswa.  Pelamar khusus yang berminat kuliah masuk Universitas Teuku Umar (UTU)  dari jalur SNMPTN sebanyak 2.078 orang, yang masuk melalui jalur SBMPTN mencapai 3.411 orang. Sedangkan yang masuk melalui jalur  SMMPTN sejumlah  1.073 orang. Jumlah Program Studi (Prodi) yang tersedia di lembaga pendidikan UTU untuk saat ini  sebanyak 18 prodi. Ke-18 Program Studi (Prodi) itu, tersedia pada 6 (enam) fakultas, yaitu Fakultas Pertanian (FT), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poliltik (Fisip) dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM).(Muzakkir)  

Komentar :

Lainnya :