FPIK  UTU Gelar Pelatihan Penyelam, Dosen Prodi Kelautan Menjadi Narasumber
  • UTU News
  • 10. 07. 2019
  • 0
  • 528

 

MEULABOH – Program Studi (Prodi) Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan-Universitas Teuku Umar (FPIK-UTU) melaksanakan kegiatan yang bertema, “Program Konservasi Terumbu Karang dan Pelatihan Penyelam POSSI”. Kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari,  bertempat di aula PT. Mifa 27-30 Juni 2019 lalu.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Kepala Teknik Tambang PT. Mifa Bersaudara, Indra Basudewa,  dan juga dihadiri oleh Komandan Pos Angkatan Laut, Wakil Ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Aceh, serta Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Kabupaten Aceh Barat dan Kabupatan Aceh Barat Daya.

Ketua Program Studi Ilmu Kelautan FPIK UTU, Mohammad Gazali, S.Kel.,M.Si menjelaskan,  dalam kegiatan tersebut salah seorag dosen Program Studi Ilmu Kelautan yaitu  Samsul bahri, S.Kel, M.Si dipercaya menjadi salah seorang narasumber.

Kegiatan pelatihan “Program Konservasi Terumbu Karang Dan Pelatihan Penyelam POSSI” tersebut diselenggarakan oleh PT. Mifa Bersaudara, Meulaboh-Aceh Barat. Kegiatan tersebut usai menerima materi dan diskusi di Aula, dilanjutkan dengan kegiatan lapangan dikawasan  Pulau Gosong, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Dalam materinya Samsul bahri antara lain menyampaikan, bahwa konservasi merupakan kunci dalam upaya perlindungan dan investasi maritim. “Pendekatan konservasi harus dilakukan berbasis masyarakat serta didukung dengan pendekatan ilmiah guna memberikan hasil yang maksimal”.

Lebih lanjut Samsul Bahri menyebutkan, apabila masyarakat yang terlibat dan merasakan dampak peningkatan ekonomi dari hasil upaya konservasi, maka kesadaran masyarakat terhadap perlindungan laut akan terbentuk dengan sendirinya. Bahkan masyarakat akan cenderung menjaga lingkungan tersebut lebih dari yang dilakukan oleh orang lain. (***)

 

 

Lainnya :