FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS TEUKU UMAR JALIN KERJASAMA DENGAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS ANDA
  • Fakultas Pertanian
  • 14. 04. 2021
  • 0
  • 649

Fakultas Pertanian News – Dalam rangka memperkuat akses dan mutu pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi maka harus dilakukan proses perluasan dan penguatan jaringan kerjasama dengan berbagai pihak terutama dengan instansi yang lebih unggul dan berpengalaman. Sebagai sebuah perguruan tinggi negeri baru yang berlokasi di Aceh, Universitas Teuku Umar tentu harus berupaya menggagas dan menjalin hubungan kerjasama dengan lintas instansi khususnya perguruan tinggi yang lebih unggul untuk memperkuat kualitas pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

Atas dasar hal tersebut maka segenap jajaran pimpinan dan tenaga kependidikan Fakultas Pertanian serta pimpinan program studi lingkup Fakultas Pertanian UTU melakukan kunjungan kerja dalam rangka penandatanganan Memoranding of Agreement (MoA) dengan Fakultas Pertanian UNAND segaligus kunjungan studi banding. Pertemuan dilaksanakan di gedung Balai Sidang Pro. Ir. Jurnalis Kamil, M.Sc., Ph.D, Faperta UNAND, Padang, 30 Maret 2021. Turut hadir dalam pertemuan itu Dr. Ir. Agustian, selaku Wakil Dekan I dan Dr. Ir. Reflinaldon, M.Si selaku Wakil Dekan III serta sejumlah ketua jurusan dan tenaga kependidikan dari Faperta UNAND. Mewakili Faperta UTU hadir, Chairudin, SP., M.Si selaku Wakil Dekan I dan Maya Indra Rasyid, S.TP., M.Si selaku Wakil Dekan II, Hilka Yuliani, S.TP., M.Si selaku Ketua Prodi Teknologi Hasil Pertanian, Wira Hadianto, SP., M.Si selaku Ketua Program Studi Agroteknologi, Nanda Triandita, S.TP., M.Si selaku Sekretaris Prodi Teknologi Hasil Pertanian, Afnizar Sabriaty, SE., M.Si selaku Koordinator Tata Usaha Faperta dan sejumlah tenaga kependidikan yang diikutkan pada kunjungan tersebut.

Wakil Dekan I Faperta UNAND, Dr. Ir. Agustian, mewakili dekan, menyambut baik kedatangan delegasi Faperta UTU untuk melakukan kerjasama dalam segala bidang terutama kolaborasi penelitian antar perguruan tinggi. Diawal pemaparan, Ia menjelaskan sejumlah jurusan dan program studi yang dimiliki Faperta UNAND saat ini, baik jenjang S1, S2 maupun S3. Lebih lanjut ia berharap terjalin pertukaran informasi yang konprehensif antar keduanya untuk meningkatkan kemajuan kampus. “kami sangat berharap ada dosen atau alumni Faperta UTU yang melanjutkan studi di Faperta UNAND baik jenjang S2 atau S3. Kami juga membuka diri untuk saling memperkuat kinerja akademik baik dalam bidang pengajaran, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat sehingga kita bisa maju bersama” imbuh doktor jebolan prancis ini.

Dekan Faperta UTU melalui Wakil Dekan I, Chairudin, SP., M.Si didampingi oleh Wakil Dekan II, Maya Indra Rasyid, S.TP., M.Si menyampaikan bahwa tujuan kedatangan ke Faperta UNAND yakni menjalin kerjasama melaui penandataganan MoA dan kunjungan studi banding melihat kemajuan yang telah dicapai oleh Faperta UNAND sehingga bisa menjadi motivasi dan semangat Faperta UTU untuk lebih berbenah kedepannya. Lebih lanjut ia menyampaikan, sebagai kampus yang baru dinegerikan dan masih belia dengan tiga program studi yang baru tersedia, tentu banyak sekali kelemahan dan kekurangan dibandingkan Faperta UNAND yang sudah berumur setengan abad lebih. “dengan semangat ingin maju, kami berhadir di sini untuk menjalin kerjasama dengan salah satu kampus ternama di Indonesia, kami yakin banyak sekali yang bisa kami tiru dari kampus ini untuk kami adopsi di tempat kami dan menjadi lebih maju” katanya. Lebih lanjut ia mengungkapkan “dengan penanandatanganan MoA ini kami harapkan kedua institusi bisa segera melakukan aksi dalam berbagai bidang, baik pengajaran, kolaborasi penelitian dosen dan juga pengabdian masyarakat. Semoga kedepan ini akan banyak dosen Faperta UTU yang melanjutkan studi S3 ke kampus Faperta UNAND”.

Chairudin juga menyampaikan dalam kunjungan ini diikutsertakan tenaga kependidikan dari berbagai bidang kerja yakni bidang akademik, umum dan keuangan. Tujuannya yakni melihat dan membandingkan aspek pelayanan tenaga kependidikan yang telah diterapkan oleh Faperta UNAND selama ini untuk diambil pelajaran jika ada yang hal-hal yang lebih baik. “semoga kunjungan ini menjadi langkah awal memperkuat hubungan antar kedua fakultas pertanian UTU dan UNAND” mengakhiri penjelasan.

Kegiatan selanjutnya, tim dibagi dalam dua kelompok, wakil dekan beserta perwakilan prodi melakukan diajak berkeliling melihat laboratorium yang terdapat di lingkup Faperta UNAND. Kelompok kedua yang terdiri dari Tenaga kependidikan melakukan kunjungan kebagian pelayanan akademik, umum dan keuangan. Selama kunjungan lapangan, tim Faperta UTU didampingi oleh perwakilan Faperta UNAND sesuai tupoksi masing-masing. (Zakaria, Abdul Gafur dan Abrar malaby)

Lainnya :