FAKULTAS PERTANIAN SELENGGARAKAN KULIAH UMUM AGRIPRENEURSHIP
  • Fakultas Pertanian
  • 05. 04. 2021
  • 0
  • 556

Fakultas Pertanian News –  Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar (UTU) menyelenggarakan kegiatan kuliah umum dengan tema “Membangun Jiwa Agripreneurship Mahasiswa Pertanian” dengan menghadirkan narasumber  Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim, SH, Selasa, 24 Maret 2021. Kegiatan yang berlangsung di Aula Gedung Baru Terintegrasi setempat, di buka secara resmi oleh Rektor Universitas Teuku Umar  Prof. Dr. Jasman J. Ma`ruf, SE.,MBA.

Dalam pengantar singkatnya Rektor menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Abdya, Akmal Ibrahim yang telah bersedia hadir memberi kuliah umum tentang agripreneurship kepada mahasiswa UTU. Untuk itu diharapkan kepada mahasiswa agar dapat menggali informasi dan pengetahuan tentang pertanian, Pak Akmal bukan hanya dikenal sebagai Bupati, tetapi juga sebagai praktisi bisnis dibidang agro, yang berhubungan dengan pertanian. Akmal adalah Bupati preneur, karena telah menunjukkan bukti nyata selama memimpin Abdya”, begitu ungkapnya.

Kegiatan kuliah umum yang bertema, “Membangun Jiwa Agripreneurship Mahasiswa Pertanian” dilaksanakan jajaran Fakultas Pertanian UTU, dan diikuti mahasiswa Fakultas Pertanian khususnya, mahasiswa lingkup kampus pada umumnya. Acara yang berlangsung penuh antusias dilanjutkan dengan tanya jawab perserta dengan narasumber, Akmal Ibrahim. Hadir dalam kesempatan itu, para Wakil Rektor, para dekan, dan dosen dilingkup Universitas Teuku Umar.

Dalam kuliah umum, Akmal Ibrahim, antara lain mengatakan, sektor pertanian itu harapan masa depan. Secara alami, setiap petani itu pebisnis. Pebisnis yang sebenarnya itu petani. Untuk itu, Anda yang sedang meniti ilmu di UTU, khususnya di pertanian, Anda sudah berada di jalur yang tepat. “Kita harus bersaing tentang keunggulan, bukan bersaing tentang teknologi. Karena teknologi sudah sangat berkembang, terutama di Negara-negara maju. Saya senang, UTU punya core product, yang akan menyiapkan lulusan untuk  siap pakai, siap mandiri”, ujar Akmal mengapresiasi kemajuan UTU. Dalam sesi tanya jawab, Akmal Ibrahim, memotivasi mahasiswa,  Allah SWT sudah memberi kepada kecerdasan kepada hamba-Nya. Oleh karenanya, Anda selaku mahasiswa jangan hanya menghafal teori. Tapi, teori itu harus dibuktikan di lapangan, harus dipraktikkan. “Mulailah melakukan sesuatu, mulailah bekerja, baik di sektor pertanian, sektor peternakan, dan sektor-sektor lainnnya. Di Abdya, saya punya banyak tanaman, saya punya banyak ternak, lahan sawah saya luas. Silakan Anda pantau”, sebut Akmal memotivasi khususnya mahasiswa pertanian. Diakhir pemaparannya, Akmal Ibrahim menyarankan kepada Pimpinan UTU, jadikan ‘Etos Kerja’ sebagai mata kuliah di UTU ini. (Zakaria, Abdul Gafur dan Abrar malaby)

Lainnya :