Dua Profesor BAN-PT Lakukan Visitasi Program Studi SDA FPIK UTU
  • UTU News
  • 08. 05. 2019
  • 0
  • 572

MEULABOH – Tim asesor dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan visitasi terhadap Program Studi (Prodi) Sumber Daya Akuatik (SDA) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan-Universitas Teuku Umar (FPIK-UTU). Tim asesor  dari BAN-PT yang memvisitasi Prodi SDA adalah Prof. Dr. Muhammad Zairin Junior, M.Sc (Institut Pertanian Bogor) dan Prof. Dr. Ir. Feliatra, D.E.A (Universitas Riau)

Dekan FPIK-UTU, Prof. Dr. M. Ali Sarong, M. Si, didampingi Wakil Dekan II FPIK, Hafinuddin, M. Sc mengatakan, kegiatan visitasi akreditasi Program Studi Sumber Daya Akuatik telah dilaksanakan dengan nuansa penuh semangat dan kekeluargaan. Kegiatan yang dimulai hari Selasa dan Rabu (23 – 24 April 2019) di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) telah memberi banyak masukan untuk kemajuan FPIK pada khususnya dan Universitas Teuku Umar (UTU) pada umumnya.

Kedua asesor yaitu Prof. Dr. Muhammad Zairin Junior, M.Sc (Institut Pertanian Bogor) dan Prof. Dr. Ir. Feliatra, D.E.A (Universitas Riau) menekankan kepada pengembangan Program Studi di lingkup FPIK UTU terutama dalam meningkatkan kuantitas mahasiswa yang diterima di FPIK UTU.

Prof. Muhammad Zairin Junior menjelaskan,  dalam usaha meningkatkan jumlah mahasiswa yang tertarik untuk memilih Program Studi lingkup FPIK perlu dilakukan usaha kreatif dari dosen dan mahasiswa beserta alumni. “Alumni yang sukses akan mengundang calon mahasiswa untuk bergabung ke Proram Studi di lingkup FPIK UTU karena alumni yang sukses menjadi contoh luaran “produk” dari FPIK UTU, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap FPIK UTU semakin tinggi dengan adanya alumni yang sukses”, ujar Prof. Zairin.

Selain itu, tim asesor juga memberi masukan untuk membina dan menjaga harmonisasi antara sesama civitas akademika FPIK UTU. Pengembangan institusi tidak cukup dengan menyekolahkan dosen untuk level doktor (S3) tetapi juga perlu pengembangan diarahkan dengan pola rekruitmen Sumber Daya Manusia (SDM) yang tepat baik sebagai calon dosen maupun calon tenaga kependidikan.

ISO dan audit internal merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan/pembelajaran dan memudahkan Prodi untuk memperoleh akreditasi yang baik. Sehingga ke depan, asesor dapat memberi saran agar institusi dapat mengarahkan Prodi dan fakultas untuk mendapat ISO.

Dalam kesempatan itu, tim asesor juga mengingatkan supaya tim akreditasi yang telah ikut serta dalam penyusunan borang dan ikut dalam assessment lapangan akreditasi untuk dapat dipertahankan pada kegiatan-kegiatan akreditasi berikutnya. Hal ini bertujuan supaya tim yang telah berpengalaman ini dapat mentransfer pengalamannya kepada yang lain di dalam penyusunan akreditasi ke depannya. (zakir)

Lainnya :