Dosen UTU Diajari Ketrampilan Pekerti
  • UPT_TIK
  • 09. 04. 2018
  • 0
  • 638

MEULABOH – Sebanyak 40 Dosen Universitas Teuku Umar (UTU), selama empat hari, 5 sampai 8 April 2018, diperkenankan mengikuti pelatihan Peningkatan Ketrampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti), di Aula FKM-UTU. Pelatihan Pekerti  yang dibuka Kepala Biro  Akademik UTU, Burhanuddin, SE, diikuti para dosen dari enam fakultas dalam lingkup UTU.

Burhanuddin dalam arahannya mengatakan, peserta pelatihan Pekerti  angkatan ke 3 ini berdasarkan hasil seleksi dari jumlah dosen yang mendaftar. Artinya, tidak semua peserta dosen yang telah mendaftar diperkenankan ikut. Untuk itu,  pelatihan Pekerti ini harus dapat diikuti secara disiplin dan fokus dari awal sampai akhir. “Pelatihan Pekerti ini sangat penting bagi dosen dalam upaya meningkatkan kualitas diri dan untuk menambah pengetahuan dan wawasan dalam proses belajar mengajar dosen, sehingga mahasiswa-pun akan menjadi semakin berkualitas”.   

Sementara Prof. Dr. Ir. Marwan dari Unsyiah sebagai pemateri inti menyebutkan,   pelatihan  Pekerti ini bertujuan untuk memberi pengetahuan dasar bagi dosen dari sisi pedagogi atau strategi pembelajaran. “Selama menjadi dosen mungkin belum pernah belajar khusus tentang pedagogi ini. Namun, dengan adanya pelatihan Pekerti ini, para dosen kita banyak menambah ilmu bagaimana mengajar dengan baik”, ujar Prof. Marwan. 

Selama mengikuti pelatihan Pekerti, dosen akan menerima ilmu pengetahuan dan bimbingan materi tentang paradigma baru perguruan tinggi, pendidikan sebagai sistem, team teaching, panduan praktikum, metode pemberian tugas, teori belajar dan motivasi, pembelajaran orang dewasa, dasar komunikasi dan ketrampilan dasar mangajar, media pembelajaran, model-model pembelajaran, taksonomi tujuan instruksional, penilaian hasil belajar, design instruksional, penyusunan perangkat pembelajaran (RPS, SAP), dan praktek mengajar.  Para pemateri pelatihan Pekerti angkatan ke-3 ini adalah Prof. Dr. Ir. Marwan (Kepala LPPM-Unsyiah), Dr. Suhendrayatna, M. Eng, Dr. Sulastri, M. Si, Dra. Nurulwati, M.Pd, Dr. Rahmad Johar, M. Pd, Dr. M. Hasan, M. Si. (Muzakkir)

Lainnya :