Dosen FPIK UTU Dilatih Aplikasi Pembelajaran e-Learning
  • UTU News
  • 02. 06. 2019
  • 0
  • 271

MEULABOH -  Tahap pertama, sebanyak 20 Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan-Universitas Teuku Umar (FPIK-UTU) mengikuti pelatihan aplikasi pembelajaran e- Elearning. Pelatihan yang dilakukan di Ruang Laboratorium Komputer UTU, 29 Mei 2019, dibuka oleh Kepala Biro Umum dan Keuangan UTU, Mawardi Amin, SE, Ak mewakili Rektor UTU.

Dekan FPIK UTU, Prof. Dr. M. Ali Sarong, M.Si menjelaskan, pelatihan ini dilakukan untuk mendapatkan teknologi pembelajaran e-Learning dilingkungan dosen. Pelatihan ini dipandu oleh Dr. Ismul Huda , M. Si (dari FKIP Unsyiah Banda Aceh). “Pelatihan e-Learning adalah untuk memudahkan bagi dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran, dengan pola belajar jarak jauh dengan menggunakan teknologi, namun tetap ber-interaktif antara dosen dengan mahasiswa sebagai peserta didik”, ujar Ismul Huda.

Dalam sambutannya, Kepala Biro Mawardi Amin antara lain mengatakan, sekarang ini adalah zaman IT (Informasi Teknologi) , “mau tidak mau kita harus menerimanya. Kita harus ber-inovasi atau mati, maksudnya jika kita tidak ber-inovasi berarti kita telah mati dalam berkarya”, ujar Abi Mawardi.

Prof. Ali Sarong menguraikan, pelatihan aplikasi E-Learning telah menghasilkan produk utama bagi dosen FPIK UTU antara lain, model komunikasi pembelajaran telegram, ruang penyimpanan data di alam maya dalam Google, cara membuat pola perkuliahan interaktif yang menyimpan materi pembelajaran, menyajikan soal evaluasi untuk peserta didik yang dapat dikerjakan langsung dalam rentang waktu tertentu dengan memperoleh nilai langsung dari kegiatan evaluasi yang di kerjakan, dan menghasilkan cara meng-upload bahan pembelajaran yang di peroleh dari sumber yang lain.

Diakhir kegiatan saat penutupan pelatihan, Prof. Ali Sarong meminta kepada para dosen FPIK yang ikut pelatihan e-Learning dapat melengkapi bahan pembelajaran sesuai mata kuliah yang diampu, sehingga hasil pelatihan e-Learning ini dapat di terapkan dalam pembelajaran pada semester ganjil 2019/2020 yang akan datang.  Dalam kesempatan itu, Prof. Ali Sarong juga menyampaikan terima kasih kepada Rektor UTU, Kepada Wakil Rektor, Kepala Biro dan seluruh pejabat terkait lainnya yang telah mendanai  kegiatan pelatihan e-Learning ini. (***)

Lainnya :