Delapan Dosen FPIK UTU Ikut Pertemuan FP2TPKI di Banda Aceh
  • UTU News
  • 21. 06. 2019
  • 0
  • 445

MEULABOH – Delapan Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan-Universitas Teuku  Umar (FPIK-UTU) dikirim sebagai  delegasi mengikuti pertemuan Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Kelautan Indonesia (FP2TPKI) yang dilaksanakan di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh, pada 16-17 Juni 2019. Pertemuan FP2TPKI dibuka oleh Rektor Unsyiah Prof. Dr. Samsul Rizal.

Delapan delegasi dosen FPIK UTU yang mengikuti FP2TPKI  adalah Dekan FPIK,  Prof. Dr. M. Ali Sarong., M. Si, Wakil Dekan 1, Dr. Muhammad. Rizal, M. Si, Wakil Dekan II Hafinuddin, M. Sc, Ketua Prodi IKL Mohama Ghazali, M. Si, Ketua Prodi Perikanan Syarifah Zuraidah, M. Si, Ketua Prodi SDA Neneng Marlian, M. Si dan Zulfadhli, M. Sc.  

Dekan FPIK UTU, Prof. Ali Sarong mengatakan, FP2TPKI ini lahir di Universitas Hasanuddin, Makasar pada 2016 sebagai ajang pertemuan pertama, yang dideklarasikan oleh para tokoh perikanan kelautan. Pertemuan kedua dilakukan di Universitas Negeri Riau Pekanbaru. 

“Forum ini memiliki program pertemuan dua kali dalam setahun”. Pertemuan pertama tahun 2016 di Makasar, dan pertemuan kedua di Manado. Pada tahun 2017, pertemuan  pertama di Universitas Raja Ali Haji Kepulauan Riau dan pertemuan kedua di Universitas Halu Oleo Kendari. Pada tahun 2018, pertemuan pertama di Universitas Lambungmangkurat Banjarmasin, dan pertemuan kedua di Universitas Negeri Gorontalo. Pertemuan pertama pada tahun 2019 ini di Universitas Syiah Kuala, dan pertemuan kedua pada Bulan Oktober 2019 direncanakan di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. 

Pertemuan FP2TPKI di Unsyiah menampilkan berbagai informasi dari Kemenperikanan,  diantaranya tentang strategi pengembangan SDM Kemaritiman,   rancangan RPJM, berbagai strategi pengembangan SDM Kemaritiman.  Ketua Panitia Pelaksana FP2TPKI adalah Dekan FKP Unsyiah Prof. Dr. Muchlisin, ZA., dan juga sambutan disampaikan Ketua FP2TPKI, Dr. Luky Adrianto.

Prof. Muchlisin dalam laporannya menyampaikan, peserta yang hadir pada FP2TPKI berjumlah 99 orang, terdiri dari para rektor, para dekan,  para wakil dekan, dan para ketua  program studi dari Fakultas Perikanan dan Kelautan, Politerknik Kelautan dan Perikanan  dari Perguruan Tinggi se-Indonesia. 

Agenda khusus hari pertama  yang dibicarakan dalam forum FP2TPKI adalah berbagai upaya pembelajaran bagi anggota FP2TPKI, termasuk upaya pertukaran dosen dalam pembelajaran,  pembimbingan mahasiswa, dan program perkuliahan bersama melalui e-Learning dan vidio call.  

Sementara itu, Ketua Forum FP2TPKI, Luky Adianto mengatakan,  akan dilakukan distribusi dosen masing-masing bidang antara FPIK yang berada di Indonesia bagian barat dengan FPIK yang ada di bagian timur yang belum merata. Disamping itu juga akan dibicarakan tentang keberadaan anggota FP2TPKI yang perlu ditingkatkan keilmuannya dan kebersamaan dalam setiap momen.

Selain itu, pada hari kedua dilakukan  refresing ke berbagai objek wisata di Banda Aceh, dan di Kabupaten  Aceh Besar terutama ke Museum Tsamami, Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Pantai Lampuuk, Kapal Apong, dan kapal diatap rumah penduduk di Kota Banda Aceh.

Dalam kesempatan itu, Dekan FPIK UTU, Prof. Ali Sarong yang baru, juga melakukan pengenalan diri bersama rekan yang lain sebagai anggota baru dalam forum ini. Banyak informasi yang didapat dalam forum ini, sehingga menjadikan, “kami lebih terarah dalam mengemban amanah sebagai Dekan FPIK UTU dimasa mendatang. Ridha Allah diatas segalanya.(***)

Lainnya :