Dekan dan Jajaran FPIK UTU Roadshow  Kalangan Siswa di Calang
  • UTU News
  • 15. 05. 2019
  • 0
  • 342

MEULABOH – Dalam rangka sosialisasi perkembangan lembaga fakultas dan kemajuan yang telah diperoleh selama ini, Pimpinan bersama jajaran Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan-Universitas Teuku Umar (FPIK UTU) melakukan roadshow ke sekolah menengah atas di Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, 15 Mei 2019.

Roadshow FPIK-UTU yang dilakukan untuk siswa SMA Negeri 1 dan SMK Negeri 1 Calang, Kabupaten Aceh Jaya, dipimpin langsung oleh Dekan FPIK UTU, Prof. Dr. M. Ali S., M. Si, dan diikuti oleh Wakil Dekan I, Zulfadhli, M.Sc, Dr. M. Rizal, M.Si (Ketua Laboratorium Terpadu UTU), Mohamad Ghazali, M,Si (Ketua Prodi Ilmu Kelautan), dan M. Arif Nasution, M. Si (Sekretaris Program Studi (Prodi) Sumber Daya Akuatik).

Sosialisasi yang dipusatkan di SMK-1 Calang itu, disambut oleh Syaribuddin, M.Pd (Kepala SMK-1 Calang). Dalam kesempatan itu, Syaribuddin mengatakan,  dengan kehadiran Tim dari FPIK UTU menyampaikan kemajuan UTU khususnya fakultas FPIK dapat  membantu siswa/siswi SMK-1 lebih mengenal FPIK UTU, diharapkan ke depan siswa SMK-1 lebih memilih UTU dalam melanjutkan kuliah nantinya. “Kami sangat berterimakasih atas kedatangan Pimpinan dan jajaran FPIK UTU ke sekolah kami, sehingga siswa SMK-1 akan  lebih mengenal secara dekat tentang FPIK UTU sebagai salah satu PTN-B di lingkungan mereka”, ujar Syaribuddin.

Dekan FPIK UTU, Prof. M. Ali S dalam paparannya diantara lain mengatakan, UTU yang penegeriannya 1 April 2014 telah memliki enam  fakultas dan salah satu diantaranya adalah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK). FPIK saat ini telah memiliki 4 program studi yaitu Prodi Perikanan, Prodi Akuakultur,  Prodi Sumber Daya Akuatik dan Prodi Ilmu Kelautan dengan berbagai bidang kajian. “Kehadiran FPIK UTU perlu kita isi menjadi milik  masyarakat Aceh Jaya maupun lainnya”.

Sementara , Zulfadli (Wakil Dekan 1) menyampaikan, ada lima alasan memilih kuliah di FPIK UTU, antara lain FPIK UTU hampir semua prodi terakreditasi B, fasilitas tersedia untuk perkuliahan di FPIK UTU, dan berbagai sumber beasiswa di UTU juga  telah disediakan selama ini, dan bagi mahasiswa UTU termasuk mahasiswa yang menekuni pendidikan di FPIK UTU. Sedangkan Mohamad Ghazali menjelaskan, seputar Prodi Ilmu Kelautan yang dapat dipilih mahasiswa. Aris Nasution memaparkan tentang Prodi Sumber Daya Akuatik.  Muhammad Rijal memaparkan terkait Prodi Perikanan dan kondisi Prodi Akuakultur disampaikan oleh Zulfadhli. “Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab,dan berakhir pukul 11:00 wib”.

Sosialisasi untuk kalangan siswa/siswi SMA-1 Calang dilanjutkat pada Pukul 11:00 Wib. Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Kepala SMA-1 Tarmizi, M. Pd. “Kami merasa berbahagia dikunjungi oleh bapak-bapak dari UTU khususnya FPIK, sekaigus dapat memperkenalkan FPIK UTU kepada siswa kami”, ujar Tarmizi.

Dengan kedatangan Pimpinan FPIK UTU ke sekolah SMA-1 Calang, “Alhamdulillah dapat membuka cakrawala bagi anak-anak kami untuk memiliki kuliah di FPIK UTU dimasa mendatang”, tambah Tarmizi. Kegiatan yang dilakukan di SMA-1 serupa dengan yang pernah dilakukan di SMK-1 Calang. Sosialisasi untuk siswa SMA-1 Calang, dipusatkan di Mushalla SMA-1. “Peserta yang mengikuti sosialisasi di SMA-1 didominasi oleh anak-anak putri. Sedangkan di SMK-1, pesertanya lebih banyak siswa pria dari jurusan yang ada di sekolah itu. Semoga peminat untuk kuliah di FPIK UTU dimasa mendatang terus bertambah”, ujar Prof. M. Ali S. (***)

Lainnya :